Kenapa Kita Harus Belajar OSI Layer Sebelum Belajar IT?


A. Pendahuluan
    1. Pengertian
OSI Layer atau Model OSI  adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection.
    2. Latar Belakang
Pada artikel sebelumnya tentang osi layer dari part 1, part 2, sampai part 3. Saya telah selesai membahas  tentang OSI Layer, namun ada beberapa hal yang saya kira perlu di sampaikan kepada anda sekalian mengenai "Kenapa Kita Harus Belajar OSI Layer Sebelum Belajar IT?", sehingga diharapkan akan dapat memberi pemahaman tentang OSI Layer yang merupakan suatu konsep dasar yang harus di pahami dan di benarkan untuk membangun sesuatu yang lebih besar.
    3. Maksud dan tujuan
Memahami OSI Layer dan mampu mengimplementasikan dalam membangun jaringan.
    4. Hasil yang diharapkan
 Mampu memahami kenapa kita harus belajar OSI Layer sebelum belajar IT.
B. Alat dan Bahan
Rasa ingin tahu.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
1 jam penulisan.
D. Pembahasan
Ada beberapa hal yang masuk dalam beberapa point yang akan saya sampaikan mengenai "Kenapa Kita Harus Belajar OSI Layer Sebelum Belajar IT?"
1. OSI Layer Menjadi Konsep Dasar dalam Information Technology. 
Saat kita belajar mengenai sejarah OSI Layer (bisa dilihat di latar belakang pembahasan OSI Layer part 1, 2 dan 3) , disitu akan menemukan bahwa International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu standar OSI Layer untuk menyelaraskan semua vendor jaringan agar dapat saling terhubung walaupun berbeda merk/vendor penyedia.
Standar ini merupakan standar yang dapat dikatakan universal karena mencakup semua aspek dalam sistem kerja Information Technology khususnya jaringan dan interface antarmukanya, sehingga untuk dapat memahami Information Technology dengan maksimal, baik dalam aspek jaringan, pemograman, aplikasi maupun komputer, perlu pemahaman OSI Layer agar dapat lebih mengerti konsep dasar yang memudahkan untuk memahami konsep-konsep yang lebih komplek dan luas.
2. OSI Layer Menjadi Panduan dalam Troubleshooting Jaringan dan Aplikasi.
OSI Layer mempunyai beberapa Lapis yang mempunyai tugas dan fungsi sendiri, dimana menjelaskan dari mana data akan dikirim, diproses di olah dan bagaimana ditampilkan dari pengirim ke penerima, dan layer-layer tersebut semua juga berkaitan bahkan saling menyongsong sehingga dapat menyediakan layanan terbaik bagi pengguna.
Ketika kita telah mengetahui OSI Layer, kita akan mengetahui dari mana data akan dikirim, diproses di olah dan bagaimana ditampilkan dari pengirim ke penerima melalui tingkatan layer yang ada di OSI Layer sehingga Troubleshooting dapat dilakukan bertahap berdasarkan tingkatan layer OSI layer.
3.  OSI Layer Kerangka Berfikir untuk Membuat Segala Inovasi dan Pengembangan dalam Dunia IT.
OSI Layer yang telah di tetapkan sebagai standar telekomunikasi internasional semua vendor secara tidak langsung akan memaksa pengguna, pengembang dan penyedia untuk dapat menyesuaikan, dalam aspek penyesuaian ini tentu diikuti dengan adanya acuan yang berdasarkan OSI Layer dalam membangun projek dalam bidang IT atau telekomunikasi, tentu hal ini akan menjadikan OSI Layer sebagai Kerangka Berfikir sekaligus tolak ukur segala Inovasi dan Pengembangan dalam Dunia IT.
E. Hasil yang didapat 
Memahami kenapa kita harus belajar OSI Layer sebelum belajar IT.
F. Temuan Permasalahan
Banyak orang belajar IT namun tidak dengan konsep dasar OSI Layer.
G. Kesimpulan
Untuk membangun sesuatu yang besar harus mempunyai konsep dasar yang kuat.
H. Referensi & Daftar Pustaka
https://en.wikipedia.org/wiki/OSI_model

Berlangganan via Email