Mengenal Trello Untuk Manajement Project

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Trello adalah aplikasi kolaborasi yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah proyek secara bersama-sama.
Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek.
2. Latar Belakang
Dalam melakukan suatu pekerjaan, manajement proyek menjadi hal yang sangat penting, karena ini telah mancakup semua hal dalam proses suatu pekerjaan, seperti membangun sebuah jaringan komputer, pasti dibutuhkan manajement proyek yang baik dan terstruktur, komunikasi antar pihak dan yang tidak kalah penting adalah tim yang solid. Semua mengenai manajement proyek dapat dipermudah dengan aplikasi Trello yang dapat digunakan untuk manajement proyek yang kita lakukan.
3. Maksud dan tujuan
Mengenal Trello Untuk Manajement Proyek.
4. Hasil yang diharapkan
Mampu memanajement proyek dengan baik menggunakan aplikasi Trello.
B. Alat dan Bahan
Akses internet.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
1 jam penulisan.
D. Pembahasan
Trello untuk manajement proyek?
Yap, pada hari ini, Senin, 28 Januari 2019. Angkatan Broadband Learning Center Telkom Klaten 2019 diberikan metode prakerin yang berbeda dengan angkatan sebelumnya, pada angkatan kami ini, kami diberikan metode baru menggunakan aplikasi berbasis Web yaitu "Trello", aplikasi ini dapat diakses melalui browser anda di "www.trello.com". Nah lalu bagaimana manajement project menggunanakn Trello
Tahapan-tahapan membuat akun Trello
1. Buka website Trello di www.trello.com .
2. Klik sign up - it's free.


3. Isikan Name, Email, Password kalian dan klik "Create New Account".



4. Verifikasi email yang kalian daftarkan. dengan Klik "Resend Email" lalu cek email masuk kalian, kemudian Klik pesan dari Trello "Trello Account Confirmation" dan Klik "Verify Address" dan sekarang akun kalian terverifikasi(selesai).

Fitur-fitur yang terdapat pada Trello.

Kalian dapat membuat team kerja proyek anda dalam bentuk grup, grup ini dapat kalian atur baik sebagai private ataupun public. Dalam sebuah grup/team yang telah dibuat, dapat anda buatkan broad. nah broad-broad ini dapat digunakan untuk mengisikan manajement projek mulai dari susunan kerja, target, on progess hingga final project.

Berikut Langkah-langkah membuat team.

1. Clik Create Team pada bagian TEAMS, kemudian akan muncul halaman kecil seperti dibawah ini, kemudian isikan Name sebagai nama team kalian, dan beri description terserah kalian dan klik "Create".


2. Setelah klik "Create" kemudian kalian akan masuk ke halaman seperti dibawah ini, di bagian "Board" kalian dapat menambahkan board atau project untuk team kalian.

Klik Creat new board, tulis nama board dan klik "Create Board".


Setelah itu muncul halaman seperti dibawah ini, kemudian kalian dapat menambah board list sesuai project yang anda lakukan, contohnya seperti dibawah ini, kemudian juga dapat ditambah sub-subnya dengan klik "add a card".

Card diartikan sebagai to do list di dalam Trello. Tambahkan card pada tombol Add a card di bawah salah satu panel board. Cukup drag dan drop saja untuk memindahkan card ke dalam panel lainnya. Di dalam sebuah card anda bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti :

– Menambahkan komentar dan mention rekan kerja anda seperti di twitter dengan menggunakan “@”.

– Mengunggah berbagai macam file baik teks maupun gambar.

 – Mengatur tanggal deadline dan memberi vote.

– Menambahkan label.

– Menambah checklist dan member yang terlibat.

– dan menyimpannya sebagai arsip dengan menekan tombol Archive.



3. Kalian juga dapat setting team kalian dengan klik "Edit Team Profile", dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini, foto, nama, website team kalian bisa kalian tambah disini.

4. Di bagian Members, kalian bisa menambahkan anggota untuk team kalian dengan menuliskan nama teman kalian yang sudah membuah akun "Trello" seperti contoh saya menambahkan teman saya "@Imam Agus Setiono".


5. Di bagian setting, anda dapat mengatur setting pada team kalian seperti memilih visability team "private/public" dll.


6.  Di bagian Business Class, bagian ini diperuntukan untuk kelas bisnis yang berbayar.
E. Hasil yang didapat
Mampu manajement proyek dengan baik menggunakan aplikasi Trello.
F. Temuan Permasalahan
Saya belum menemukan fitur hapus, yang ada hanya archive.
G. Kesimpulan
Manajement project atau kegiatan ataupun tugas menggunakan aplikasi Trello akan lebih terstruktur. 

Berlangganan via Email