Pengenalan, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Linux

A. Pendahuluan
    1. Pengertian
LInux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe UNIX. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangakat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
    2. Latar Belakang
Peran sistem operasi untuk perangkat komputer atau sejenisnya sangatlah krusial, dimana sistem operasi yang menjadi interfaces dan sistem yang mengatur komputer agar dapat berfungsi semestinya. Perangkat sebagus apapun jika sistem operasinya tidak sesuai akan mengakibatkan perangkat tidak mempunyai kinerja yang maksimal.
Salah satu sistem operasi yang kompleks adalah Linux, dimana Linux meruapakan sistem operasi yang open source (terbuka) sehingga bebas dalam penggunaannya dibandingkan sistem operasi close source seperti windows dan mac os. Untuk dapat menggunakan Linux dengan maksimal tentu diperlukan pengenalan terlebih dahulu agar "tidak tersesat di tengah jalan".
    3. Maksud dan Tujuan
- Mengenal sistem operasi Linux
- Menjelaskan sejarah sistem operasi Linux
- Memaparkan kelebihan dan kekurangan Linux
B. Alat dan Bahan
ebook: Pengenalan Sistem Operasi Linux.pdf 
C.Pembahasan
    1. Pengenalan
Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Karena bersifat open source(terbuka) kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.
Linux disebarkan secara luas dengan bebas di bawah lisensi GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) General Public License (GPL) atau lisensi publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman, ia adalah Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980 untuk membebaskan pembatasan hak (lisensi) perangkat lunak yang berawal dari keresahannya melihat pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak.

    2. Sejarah
Pada tahun 1969, Ken Thompson dan Dennis Ritchie (juga adalah developer bahasa C), para peneliti di AT&T Bell Laboratorium Amerika, membuat sistem operasi UNIX, cikal bakal dari Linux. Dalam waktu singkat UNIX berkembang dalam dua jalur : UNIX yang dikembangkan oleh Universitas Berkeley dan yang dikembangkan oleh AT&T.
Sejak lahirnya proyek POSIX yang dimotori oleh IEEE (The Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang bertujuan untuk menetapkan spesifikasi standar UNIX, muncul berbagai macam jenis UNIX. 
Salah satu diantaranya adalah MINIX yang dibuat oleh A. S. Tanenbaum untuk tujuan pendidikan. Source code MINIX inilah yang oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa Universitas Helsinki. kemudian itu dijadikan sebagai referensi untuk membuat sistem operasi baru yang gratis dan yang source codenya bisa diakses oleh umum yaitu sistem operasi Linux.
    3. Kelebihan dan Kekurangan
        Kelebihan
a) Lisensi yang gratis bahkan dapat didownload dan banyak ditemukan di internet dengan mudah.
b) Linux bisa berinteraksi dengan sistem operasi lain.
c) Linux mempunyai virtual memori, skalabilitas dan stabil.
d) Linux didukung oleh ribuan programmer di dunia.
e) Paket Linux merupakan satu kesatuan.
f) Linux mulai didukung oleh vendor hardware maupun software di dunia meskipun masih kalah dengan Windows.
        Kekurangan
a) Sistem operasi yang sulit untuk dipelajari terutama untuk orang yang tidak mempunyai
dasar komputer yang kuat.
b) Aplikasi yang tersedia belum sebanyak Windows.
c) Sistem operasi yang tidak sepenuhnya berbasis GUI (Graphical User Interface).
d) Nama-nama program antara distro satu dengan distro lainnya berbeda-beda.
D. Hasil yang di Dapat
- Mengenali sistem operasi Linux
- Mengetahui sejarah sistem operasi Linux
- Mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux 
E. Temuan Permasalahan
- Pengenalan Linux secara menyeluruh sangatlah luas
F. Kesimpulan Yang di Dapat
Linux sangat direkomendasikan untuk yang mencari "logo" halal dan ingin keluar dari zona nyaman.
G. Referensi
ebook: Pengenalan Sistem Operasi Linux.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux

Berlangganan via Email