Penjelasan 7 Tipe Linux dan Distro Turunannya Terpopuler

A. Pendahuluan

1. Pengertian

Distro Linux (singkatan Dari Distribusi Linux) Adalah Sebutan Untuk Sistem Operasi Komputer Dan Aplikasinya, Merupakan Keluarga Unix Yang Menggunakan Kernel Linux. Distribusi Linux Bisa Berupa Perangkat Lunak Bebas Dan Bisa Juga Berupa Perangkat Lunak Komersial Seperti Android, Arch, Debian, Enoch,  Dan Lain-Lain.
2. Latar Belakang
Berbicara Mengenai Linux Dan Distro-Nya, Hal Tersebut Sangat Seperti Pohon Yang Mempunyai Batang Utama Yaitu Unix, Dan Mempunyai Banyak Cabang Ranting Seperti Linux Yang Masing-Masing Mempunyai Perbedaan, Kelebihan Dan Kekurangan Masing-Masing.

 "Untuk Mendapatkan "buah" Yang Diinginkan, Kita Harus Tau Ranting Mana Yang Harus Kita Lewati"

3. Maksud Dan Tujuan
1. Mengenali Distro Linux
2. Memahami Perkembangan Linux
3. Mampu Memilih Linux Yang Sesuai Kebutuhan

B. Alat Dan Bahan


1. Niat Dan Usaha
2. Ebook

C. Jangka Waktu Pelaksanaan
Sehari-Semalam Mencari Data Yang Akurat Dan Lengkap:V

D. Pembahasan

Linux Memiliki Banyak Varian Atau Yang Biasa Dikenal Dengan Distro (Distribusi Sistem Operasi), Hal Ini Disebabkan Oleh Konsep Pengembangan Open Source Dan Lisensi Atau General Public License (GPL) Yang Digunakan. Konsep Pengembangan Tersebut Dibagi Menjadi 7 Distro Yang Nantinya Akan Mempunyai Banyak Turunannya. Berikut 6 Distro Linux Yang Mempunyai Turunan Paling Banyak Dan Turunannya Yang Populer:

a. Android
Mungkin Banyak Yang Tidak Tahu, Namun Faktanya Android Merupakan Salah Satu Linux Yang Banyak Di Gunakan, Khususnya Dalam Perangkat Mobile.
Distro Turunannya:
1. Android-X86, Adalah Inisiatif Tidak Resmi Untuk Port Sistem Operasi Mobile Android Google Untuk Berjalan Pada Perangkat Yang Didukung Oleh Prosesor Amd Dan Intel X86 , Daripada Chip Arm Berbasis Risc.
2. Lineageos, Adalah Sistem Operasi Sumber Terbuka Dan Gratis Untuk Set-Top Box, Smartphone Dan Komputer Tablet, Berbasis Platform Android. Ini Adalah Penerus Dari Custom Rom Cyanogenmod, Dari Mana Ia Bercabang Pada Desember 2016 Ketika Cyanogen Inc. Mengumumkan Penghentian Pengembangan Dan Menutup Infrastruktur Di Belakang Proyek. Sejak Cyanogen Inc. Mempertahankan Hak Atas Nama Cyanogen, Proyek Ini Mengganti Namanya Menjadi Lineageos.
3. Remix Os, Adalah Sistem Operasi Komputer Yang Sekarang Dihentikan Untuk Komputer Pribadi Dengan Arsitektur X86 Dan Arm Yang, Sebelum Penghentian Pengembangan, Dikirimkan Dengan Sejumlah Perangkat Pihak Pertama Dan Ketiga. Remix Os Memungkinkan Pengguna Pc Untuk Menjalankan Aplikasi Seluler Android Pada Pc Berbasis Intel Yang Kompatibel.\
4. Cyanogenmod ( Cm ), Adalah Sistem Operasi Open-Source Yang Dihentikan Untuk Perangkat Seluler , Berdasarkan Platform Android Mobile. Itu Dikembangkan Sebagai Perangkat Lunak Bebas Dan Sumber Terbuka Berdasarkan Rilis Resmi Android Oleh Google , Dengan Menambahkan Kode Asli Dan Pihak Ketiga, Dan Berdasarkan Pada Model Pengembangan Rilis Bergulir .

b. Arch
Turunan Distro Arch Yang Paling Poluler:
1. Archbang Linux, Adalah Distribusi Linux Rilis Ringan Sederhana Berdasarkan Sistem Operasi Linux Arch Minimal Dengan Jendela Manajer Openbox . Archbang Sangat Cocok Untuk Kinerja Tinggi Pada Perangkat Keras Lama Atau Low-End Dengan Sumber Daya Terbatas.
2. Archlabs Linux, Adalah Distribusi Linux Rilis Ringan Yang Didasarkan Pada Sistem Operasi Linux Arch Minimal Dengan Window Manager Openbox.
3. Manjaro Linux, Atau Hanya Manjaro Adalah Sistem Operasi Open Source Untuk Komputer. Ini Adalah Distribusi Linux Berdasarkan Distribusi Arch Linux . Manjaro Linux Memiliki Fokus Pada Keramahan Pengguna Dan Aksesibilitas Dan Sistem Itu Sendiri Dirancang Untuk Bekerja Sepenuhnya "langsung Dari Kotak" Dengan Berbagai Perangkat Lunak Pra-Instal. Ini Fitur Model Pembaruan Rilis Bergulir Dan Menggunakan Pacman Sebagai Manajer Paketnya.

c. Debian

Turunannya Yang Paling Populer:
1. Debian, Terkenal Dengan Sikap Tegas Pada Filosofi Dari Unix Dan Perangkat Lunak Bebas. Debian Dapat Digunakan Pada Beragam Perangkat Keras, Mulai Dari Komputer Jinjing Dan Desktop Hingga Telepon Dan Server. Debian Fokus Pada Kestabilan Dan Keamanan. Debian Banyak Digunakan Sebagai Basis Dari Banyak Distribusi Gnu/Linux Lainnya.
2. Ubuntu, Ditawarkan Dalam Tiga Edisi Resmi: Ubuntu Desktop Untuk Komputer Pribadi, Ubuntu Server Untuk Server Dan Komputasi Awan, Dan Ubuntu Core Untuk "Internet Untuk Segala", Perangkat Kecil Dan Robot. Versi Baru Ubuntu Dengan Dukungan Standar Dirilis Tujuh Bulan Sekali, Sementara Untuk Versi Dukungan Jangka-Panjang (LTS) Dirilis Dua Tahun Sekal
3. Linux Mint, Adalah Sistem Operasi Linux Yang Merupakan Suatu Distribusi Linux Dengan Basis Debian Dan Ubuntu,[4] Dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) Sebagai Suatu Alternatif Yang Sepenuhnya Berbasis Debian. Aplikasi Yang Dapat Berjalan Di Ubuntu, Juga Bisa Berjalan Pada Linuxmint. Walaupun Inti Dari Linuxmint Adalah Ubuntu, Linuxmint Hadir Dengan Tampilan Yang Berbeda Dengan Ubuntu.
4. Elementary Os, Merupakan Sebuah Distro Linux Berbasiskan Ubuntu. Distro Ini Menggunakan Desktop Manager-Nya Sendiri Yang Bernama Pantheon[2] Dan Terintegrasi Dengan Aplikasi Bawaan Elementary Os Lainnya, Seperti Plank (sebuah Dock-Bar Berbasiskan Docky), Peramban Web Midori, Dan Scratch (Teks Editor Yang Sederhana). Distro Ini Menggunakan Gala Sebagai Window Managernya, Yang Berbasiskan Pada Mutter Windows Manager.
5. Deepin (sebelumnya Hiweed Linux Atau Hiwix) Adalah Distribusi Linux China Bebas Untuk Komputer Pribadi Berbasis Debian (unstable). Deepin Terutama Dikembangkan Oleh Wuhan Deepin Technology Co., Ltd. Dan Menggunakan Deepin Desktop Environment (DDE) 3.0 Sebagai Lingkungan Desktop Bawaannya, Yang Dikembangkan Dengan Menggunakan Cross-Platform Qt Toolkit; Termasuk Didalamnya Beberapa Aplikasi Seperti Dmusic, Deepin Movie, Deepin Store, Crossover, Wps Office, Dan Platform Game Steam. Yang Dimiliki Oleh Valve Corporation.

d. Enoch
Tidak Banyak Deskripsi Tentang Distro Linux Enoch, Karena Ketika Kita Mencari Infonya Kebanyakan Langsung Diarahkan Kepada Turunan Enoch Yang Populer Sebagai Berikut.
1.Gentoo Linux Adalah Suatu Distribusi Linux Yang Memakai Paket Sistem Manajemen Portage. Berkat Adanya Teknologi Bernama Portage, Gentoo Linux Dapat Menjadi Server Yang Aman, Sistem Develop, Profesional Desktop, Game Sistem. Karena Kemampuan Adaptasi Gentoo Yang Hampir Tidak Ada Batasnya, Maka Kita Menamai Gentoo Linux Sebagai Metadistribusi.
2.  Gentoox Adalah Sistem Operasi Berbasis Gentoo Linux, Dibuat Khusus Untuk Xbox Oleh Thomas Pedley.  Gentoox Memerlukan Modchip Atau Mod Perangkat Lunak Untuk Dijalankan, Karena Itu Bukan Perangkat Lunak Microsoft Yang Resmi.
3. Ututo Adalah Sistem Berbasis Linux Pertama Yang Sepenuhnya Gratis Dan Diakui Oleh Proyek Gnu. Pendiri Proyek Gnu. Richard Stallman, Sebelumnya Mendukung Distribusi Hampir Secara Eksklusif Dan Menggunakannya Di Komputer Pribadinya, Sebelum Ia Beralih Ke Gnewsense , Dan Kemudian Trisquel.

e. Mandriva
1. Mandriva Linux, Menggunakan Manajer Paket Yang Disebut Urpmi , Yang Berfungsi Sebagai Pembungkus Ke Binari .rpm . Ini Mirip Dengan Apt Dari Debian & Ubuntu , Pacman Dari Arch Linux, Yum Atau Dnf Dari Fedora Dalam Hal Ini Memungkinkan Instalasi Mulus Dari Paket Perangkat Lunak Yang Diberikan Dengan Secara Otomatis Menginstal Paket Lain Yang Diperlukan.
2. Pclinuxos, Sering Disingkat Sebagai Pclos, Adalah Sebuah Sistem Operasi Desktop. Ini Adalah Sebuah Sistem Operasi Bebas Untuk Komputer Pribadi Yang Bertujuan Untuk Memudahkan Penggunaan. Pclinuxos Dimulai Dari Satu Set Paket Rpm Yang Dibuat Untuk Meningkatkan Versi-Versi Linux Mandrake (sekarang Mandriva Linux).
3. Mageia, Merupakan Distribusi Komunitas Yang Merupakan Percabangan Dari Mandriva Pada Tahun 2010.

f. Redhat
Turunan Distro Redhat Yang Paling Poluler:
1. Red Hat Enterprise Linux, Distribusi Yang Dikelola Dan Dikomersialkan Oleh Redhat.
2. Fedora, Distribusi Komunitas Yang Disponsori Oleh Perusahaan Amerika.
3. Centos, Distribusi Komunitas Yang Dibangun Dari Kode Sumber Yang Sama Oleh Redhat.

g. Slackware
Turunan Distro Slackware Yang Paling Poluler:
 1. Slax Adalah Distro Turunan Slackware  yang Bisa Dijalankan Lewat Usb Atau Cd Rom. Distro Ini Sangat Modular Dimana Penambahan Modul/Sofware Bisa Dilakukan Dengan Cara Mendownload Modulnya Di Situs Slax.Org. Distro Ini Juga Mempunyai  beberapa Turunan Diantaranya Emnix,Davix, Dna Linux Dan Simplelinux.
 2. Zenwalk Awalnya Adalah Versi Minimalis Dari Slackware Dengan Mengutamakan Pada Kecepatan, Modern Desktop Serta Kemudahan Dalam Manajemen Paket Sofware, Distro Ini Juga Mempunyai Distro Turunan Yang Bernama Zencafe Yang Diperuntukan Untuk Warnet. Yang Membanggakan, Zencafe Adalah Distro Lokal (dikembangkan Oleh Orang Indonesia).
3. Vector Linux Mulanya Diperuntukan Untuk Komputer Tua Yang Menggunakan Pentium Ii Atau Pentium Iii, Namun Dalam Perkembangannya Vector Linux Berkembang Menjadi Distro Untuk Desktop Denganberbagai Versi (Light, Standar,Deluxe).

E. Hasil Yang Di Dapat
1. Mengenal Distro Linux
2. Mengetahui Perkembangan Linux
3. Mampu Memilih Linux Yang Sesuai Kebutuhan

F. Temuan Permasalahan
1. Sulit Mendapatkan Data Dan Informasi Yang Lengkap Dan Terpercaya
2. Banyak Informasi Mengenai Linux Yang Tidak Menjelaskan Secara Detail

G. Kesimpulan
Pohon Itu Banyak Fungsinya, Tapi Tidak Akan Bermanfaat Jika Tidak Dimanfaatkan

H. Referensi

Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Distribusi_Linux
Https://Upload.Wikimedia.Org/Wikipedia/Commons/1/1b/Linux_Distribution_Timeline.Svg
Pengenalan Sistem Operasi Linux.Pdf

Berlangganan via Email