Sharing Dengan Seorang Network Engineer and Instructor



 
 A. PENDAHULUAN 
Hari ini kami sharing dengan Mas Rifki Fajar Rudin. Ia adalah seorang Network Engineer dan Instuctor dari perusahaan BestPath_Network Tangerang. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang IT Network Training and Consultan. Dia juga merupakan alumni BLC(Broadband Learning Center) Klaten beberapa tahun lalu, yang telah sukses di bidang IT khususnya jaringan karena telah mempunyai banyak sekali pengalaman dalam Industri dan telah membangun banyak jenis jaringan salah satunya jaringan banking yang lebih dari 500 cabang bank.
 
B. MAKSUD DAN TUJUAN
1.  Motivasi
2.  Edukasi tentang beberapa vendor jaringan terutama Cisco
3.  Sharing tentang pengalaman dari di BLC hingga sukses
 
C. PEMBAHASAN
Hal pertama yang disampaikan beliau yaitu tentang beberapa vendor perangkat jaringan. Seperti Cisco, Mikrotik, dan Juniper. Yang beliau sampaikan tentang cisco sepeti bahwa cisco itu perangkat yang lengkap, mudah dipelajari dan keuntungan perpanjangan automatis sertifikat yang kita punya ketika kita melakukan sertifikasi lagi. Tentang mikrotik ia tidak menjelaskan secara detail, sedangkan tentang Juniper ia menyampaikan Juniper bahwa Juniper perangkat yang mudah di pelajari bahkan sudah ada aplikasinya di android, dan mempunyai kehandalan dan kestabilan yang tidak diragukan lagi.

Kedua mas Rifki menyampaikan tentang alur sertifikasi cisco dari levelnya mulai dari CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician), CCNA (Cisco Certified Network Assosiate), CCNP (Cisco Certified Network Professional), CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert), dan Cisco Certified Architect. Kemudian alur sertifikasi sertifikasi Mikrotik mulai dari MTCNA, MTCRE, MTCWE, MTCTCE, MTCUM, MTCINE.

Ketiga Ia menyampaikan tentang “link” belajar cisco, kami diarahkan untuk belajar cisco online di learningnetworkcisco.com , cnap.BestPath_network.com , ciscolive.com , academy.gns3.com dan melalui telegram di “network learning”. Serta mendapatkan ebooknya juga dari “link” diatas.

Selain teknis mas Rifki juga menyampaikan suka dukanya menjadi orang TI, pengalamnnya di BLC, dan beberapa mindset yang harus diperhatikan di dunia IT, seperti awali belajar dengan memahami konsep dasarnya, berani berkorban untuk hal yang lebih besar dan pentingnya attitude di segala bidang kehidupan terutama di bidang industri.

D. KESIMPULAN
1. Hasil yang terbaik melalui proses yang terbaik.
2. Untuk menjadi seorang Network Engineer harus paham  secara luas tentang perangkat jaringan.
3. Proses tidak akan menghianati hasil.

Post a Comment for "Sharing Dengan Seorang Network Engineer and Instructor"

Berlangganan via Email