Pengenalan Komputer dan Sistem didalamnnya


A. Pendahuluan
1. Pengertian
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
2. Latar Belakang
Diera milenial dan globalisasi saat ini, kehidupan masyarakat sangat melekat dengan sistem dan perangkat yang berkaitan dengan komputer, namun dalam hal ini masih banyak masyarakat awam yang belum mengenal komputer lebih jauh yang mengakibatkan penggunaan komputer tidak optimal bahkan menjadi boomerang bagi mereka sendiri karena tidak dapat mengenali dan menggunakan komputer dengan bijak.
3. Maksud dan tujuan
Mengenalkan komputer kepada masyarakat.
4. Hasil yang diharapkan
Memberi manfaat untuk pembaca agar lebih mengenal komputer lebih jauh.
B. Alat dan Bahan
- C. Jangka Waktu Pelaksanaan
1 Jam  penulisan.
D. Pembahasan
Sebelum masuk ke pengenalan komputer perlu diketahui komputer bukan barang yang dapat berdiri sendiri, namun dengan ini, didalam komputer terdapat sistem komputer sangat komplek komponen-komponen yang saling berkaitan sehingga komputer yang sekarang ini dapat menerima input dan mengeluarkan output dengan baik.
Sistem komputer sendiri adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware) yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
Walau hanya terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras, Sistem komputer memerlukan satu elemen yang paling penting yaitu Manusiannya atau Brainware.

Lalu bagaimana Proses Input menjadi Output?
Ada beberapa hal yang berkaitan mengenaik Proses input menjadi output:
I. Central Processing Unit
Control Unit, ALU, dan register secara kolektif dikenal sebagai central processing unit (CPU). CPU biasanya dibangun pada satu sirkuit terintegrasi yang disebut mikroprosesor .

Central Processing Unit ( CPU ) adalah sirkuit elektronik dalam komputer yang melaksanakan instruksi dari program komputer dengan melakukan dasar aritmatika , logika, mengendalikan, dan input / output (I / O) operasi yang ditentukan oleh petunjuk. Industri komputer telah menggunakan istilah "central processing unit" setidaknya sejak awal 1960-an. Secara tradisional, istilah "CPU" mengacu pada prosesor , lebih khusus untuk unit pemrosesan dan unit kontrol (CU), yang membedakan elemen-elemen inti dari komputer dari komponen eksternal sepertimemori utama dan sirkuit I / O.
II. Control Unit
Fungsi sistem kontrol adalah sebagai berikut, namun dalam hal ini perlu perhatikan bahwa ini adalah deskripsi yang disederhanakan, dan beberapa langkah ini dapat dilakukan secara bersamaan atau dalam urutan yang berbeda tergantung pada jenis CPU:

1. Baca kode untuk instruksi selanjutnya dari sel yang ditunjukkan oleh penghitung program.
Dekode kode numerik untuk instruksi menjadi seperangkat perintah atau sinyal untuk masing-masing sistem lainnya.
2. Tambahkan penghitung program sehingga menunjuk ke instruksi selanjutnya.
3. Baca data apa pun yang diperlukan instruksi dari sel dalam memori (atau mungkin dari perangkat input). Lokasi data yang diperlukan ini biasanya disimpan dalam kode instruksi.
4. Berikan data yang diperlukan ke ALU atau daftar.
5. Jika instruksi membutuhkan ALU atau perangkat keras khusus untuk menyelesaikan, instruksikan perangkat keras untuk melakukan operasi yang diminta.
6. Tulis hasilnya dari ALU kembali ke lokasi memori atau ke register atau mungkin perangkat output.
Kembali ke langkah (1).

Karena penghitung program (secara konseptual) hanyalah satu set sel memori, itu dapat diubah dengan perhitungan yang dilakukan dalam ALU.

II. Aritmatika Logika Unit ( ALU )
Sebuah unit aritmatika dan logika ( ALU ) adalah kombinasional sirkuit elektronik digital yang melakukan aritmatika dan operasi bitwise pada bilangan bulat bilangan biner . Ini berbeda dengan unit floating-point (FPU), yang beroperasi pada angka floating point . ALU adalah blok bangunan mendasar dari banyak jenis sirkuit komputasi, termasuk unit pemrosesan pusat (CPU) komputer, FPU, dan unit pemrosesan grafis (GPU). Satu CPU, FPU atau GPU dapat berisi beberapa ALU.

III. Register Procesor
Dalam arsitektur komputer , register prosesor adalah lokasi yang dapat diakses dengan cepat yang tersedia untuk unit pemrosesan pusat (CPU) komputer. Register biasanya terdiri dari sejumlah kecil penyimpanan cepat , meskipun beberapa register memiliki fungsi perangkat keras tertentu, dan mungkin hanya baca atau tulis saja. Register biasanya ditangani oleh mekanisme selain dari memori utama , tetapi dalam beberapa kasus dapat diberikan alamat memori misalnya DEC PDP-10 , ICT 1900 .

Hampir semua komputer, apakah memuat / menyimpan arsitektur atau tidak, memuat data dari memori yang lebih besar ke register di mana ia digunakan untuk operasi aritmatika dan dimanipulasi atau diuji dengan instruksi mesin . Data yang dimanipulasi kemudian sering disimpan kembali ke memori utama, baik dengan instruksi yang sama atau dengan yang berikutnya. Prosesor modern menggunakan RAM statis atau dinamis sebagai memori utama, dengan yang terakhir biasanya diakses melalui satu atau lebih level cache .

IV. Memory
Memory adalah teknologi yang terdiri dari komponen komputer dan media perekaman yang digunakan untuk menyimpan data digital . Ini adalah fungsi inti dan komponen dasar komputer. CPU dari komputer yang memanipulasi data dengan melakukan perhitungan. Dalam praktiknya, hampir semua komputer menggunakan hierarki penyimpanan untuk menyimpan data dan proses yang telah dilakukan komputer.

Itulah beberapa hal mengenai pengenalan komputer dan sistem yang didalamnya.

E. Hasil yang didapat
Pembaca agar lebih mengenal komputer lebih jauh.
F. Temuan Permasalahan
Komputer terlalu kompleks jika dijelaskan dalam satu halaman.
G. Kesimpulan
Apa yang terlihat rumit dibangun dari hal yang sederhana.
H. Referensi & Daftar Pustaka
https://en.wikipedia.org/wiki/Computer

Berlangganan via Email