Konsepsi Komunikasi dan Telekomunikasi Dalam Bidang IT


A. Pendahuluan
1. Pengertian
Berdasarkan KBBI,  Komunikasi artinya pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami.
sedangkan Telekomunikasi, Tele artinya jarak jauh, jadi Telekomunikasi adalah komunikasi jarak jauh seperti melalui kawat (telegrap, telepon) dan radio.
2. Latar Belakang
Dalam bidang IT, Konsep komunikasi dan telekomunikasi bukan hanya hal secara teori, namun hal ini harus dikuasai seorang IT karena mempunyai artian yang cukup luas mulai dari lingkup sosial, hingga teknis.
3. Maksud dan tujuan
Memahami konsepsi komunikadi dan telekomunikasi di bidang IT.
4. Hasil yang diharapkan
Mampu berkomunikasi dengan baik.
B. Alat dan Bahan
Sadar diri.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
1 Jam penulisan.
D. Pembahasan
Seorang IT harus mengetahui konsepsi komunikasi dan telekomunikasi dalam bidang IT. Namun dalam bidang IT, konsep tersebut tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis, karena hal tersebut juga sangat berkaitan dengan lingkup komunikasi sosial seorang IT, setelah hal tersebut telah bisa dan dikuasai baru dikatakan layak untuk membangun komunikasi tingkatan lebih lanjut yaitu telekomunikasi secara teknis seperti membangun jaringan.
Membangun komunikasi saja tidak bisa bagaimana membangun telekomunikas?
Untuk itu saya merangkum beberapa point dari beberapa sumber mengenai konsep komunikasi yang diberikan pembimbing saya di BLC Telkom Klaten sebagai berikut:
I.  Untuk dapat berkomunikasi harus banyak baca.
Banyak orang yang meremehkan manfaat membaca, padahal dari apa yang kita baca akan menjadi apa yang kita dapat, semakin banyak membaca semakin banyak mendapat, termasuk dalam aspek pengetahuan, wawasan dan cara berfikir. Maka dari itu, semakin banyak kita membaca maka komunikasi  kita akan semakin baik karena wawasan kita semakin luas, rasa ingin tau kita akan meningkat dan cara berfikir kita akan aktif dengan lingkungan yang membuat kita membutuhkan komunikasi untuk dapat berkembang.
II. Jadilah pendengar yang baik.
Ketika seseorang mampu mendengar dengan baik apa yang dibicarakan lawan bicara, hal tersebut akan membuat pendengar dapat menerima informasi secara maksimal, dan mengetahui kekurangan maupun hal lain yang perlu di respon, hal ini akan membentuk komunikasi yang baik.
III. Jangan takut mencoba.
Banyak orang susah berbicara dengan sosial, namun setelah mempraktekan kedua point diatas hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk dapat berkomunikasi dengan baik adalah dengan mencoba, karena pada dasarnya banyak orang yang pandai public speaking, banyak dari mereka awalnya takut berbicara didepan umum, dan hal yang mereka lakukan hanya mencoba dan akhirnya bisa karena terbiasa.

E. Hasil yang didapat
Berkomunikasi dengan baik.
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
H. Referensi & Daftar Pustaka
http://kbbi.co.id/arti-kata/komunikasi
http://kbbi.co.id/arti-kata/tele-

Berlangganan via Email