Pengenalan Mikrotik Untuk Pemula

A. Pendahuluan
1. Pengertian
MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Mikrotik sendiri mempunyai operasi sistem buatannya untuk menjalankan perangkatnya yaitu RouterOS. OS tersebut juga gratis sehingga sangat memudahkan pemula untuk mendalami mikrotik dalam mengembangkan jaringan. 
2. Latar Belakang
Mikrotik sekarang sedang "naik daun" dalam penyediaan layanan jaringan, termasuk juga sudah dimasukan ke kurikulum 2013 atau kurtilas. Mikrotik mempunyai beberapa kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki vendor lain. Mikrotik mempunyai sertifikasi yang tidak kalah bergensi dengan vendor lain seperti dari cisco. Dan yang paling terpenting mikrotik mudah digunakan untuk pemula.
3. Maksud dan tujuan
Mengenal mikrotik untuk pemula.
4. Hasil yang diharapkan
Pemula mampu mengenali salah satu vendor penyedia layanan jaringan yaitu  Mikrotik.
B. Alat dan Bahan
Rasa ingin tau.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
45 menit penulisan.
D. Pembahasan
I. Sejarah Mikrotik
Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang.[3] Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

II. Mikrotik Mempunyai OS sendiri yaitu RouterOS
MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox).

III. Fitur-fitur pada  Mikrotik
Berdasarkan Protocol TCP/IP.
Firewall dan NAT
Routing - Static routing
Data Rate Management
Hotspot
Point-to-Point tunneling protocols
Simple tunnels
IPsec
Web proxy
Caching DNS client
DHCP
Universal Client
VRRP
UPnP
NTP
Monitoring/Accounting
SNMP
M3P
MNDP
Tools
Aneka Ragam

Layer 2 konektivitas
Wireless
Bridge
Virtual LAN
Synchronous
Asynchronous
ISDN
SDSL

IV. Untuk Mengenal lebih lengkap Mikrotik dapat melalui situs resminya yaitu.

E. Hasil yang didapat
Pemula mengenali salah satu vendor penyedia layanan jaringan yaitu  Mikrotik.
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
Mikrotik menjadi vendor yang sangat direkomendasikan untuk pemula, penyedia jaringan LAN dan MAN.
H. Referensi & Daftar Pustaka

Post a Comment for "Pengenalan Mikrotik Untuk Pemula"

Berlangganan via Email