Mengenal Sirklus Pengolahan Data pada Komputer

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Siklus menurut KBBI adalah putaran waktu yang di dalamnya terdapat rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.
Pengolahan menurut KBBI adalah proses, cara, perbuatan mengolah.
Data menurut wikipedia adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
Komputer menurut wikipedia adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Jadi dapat disimpulkan pengertian Sirklus Pengolahan Data pada Komputer adalah suatu rangkaian proses pengolahan data pada komputer berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan.
2. Latar Belakang
Mengetahui Sirklus Pengolahan Data pada Komputer adalah hal dasar yang diperlukan untuk dapat mengetahui hal yang lebih dalam mengenai konsep sistem komputer, jaringan maupun cara kerja aplikasi, sehingga diperlukan pengenalan Sirklus Pengolahan Data pada Komputer agar dalam belajar IT kedepannya lebih mudah.
3. Maksud dan tujuan
Mengenal Sirklus Pengolahan Data pada Komputer.
4. Hasil yang diharapkan
Pembaca lebih paham konsep dasar Sirklus Pengolahan Data pada Komputer.
B. Alat dan Bahan
Niat Baca.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
1 jam penulisan.
D. Pembahasan
Konsep dasar sirklus pengolahan data pada komputer sebagai berikut.
Dimana bilamana komputer mendapatkan Input, maka input tersebut akan diproses sehingga akan menghasilkan output yang disesuaikan.
Namun konsep ini dapat dikembangan menjadi lebih rinci sebagai berikut.
1. Data. ini  adalah tahap awal yang harus dipenuhi, yaitu adanya Data, baik itu data text, code, suara maupun visual.

2. Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.

3. Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).

4. Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.

5. Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output deuice), yaitu berupa informasi.

6. Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

7. Informasi. merupakan hasil Data yang sudah diproses dan dibentuk sesuai dengan keperluan tertentu.

Sirklus Pengolahan Data pada Komputer ada 7 tahap, namun sebenarnya ada 1 hal yang tidak dapat dilepaskan dari pengolahan Data, yaitu:
Storage. Merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Pada gambar, tampak adanya 2 buah anak panah yang berlawanan arah, menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan di storage dan dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya.
E. Hasil yang didapat
Paham konsep dasar Sirklus Pengolahan Data pada Komputer
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
Mengetahui sirklus pengolahan data akan memudahkan kita belajar lebih jauh di bidang IT.
H. Referensi & Daftar Pustaka
Buku pengenalan komputer, Jogiyanti. H. M

Berlangganan via Email