Final Exam Network Essensial Cisco | Training Cisco Hari ke 18

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Cisco Certified Entry Networking Technician (CCENT) sertifikasi adalah tahap pertama dari sertifikasi Cisco sistem. Sertifikasi CCENT adalah langkah sementara ke tingkat Associate atau langsung dengan sertifikasi CCNA dan CCDA . Sementara CCENT mencakup pengetahuan jaringan dasar; itu tidak terlibat dengan aspek teknis yang lebih rumit dari routing dan switching Cisco serta desain jaringan . Sertifikasi tidak memvalidasi keterampilan yang penting untuk posisi dukungan jaringan entry-level. Individu yang memenuhi syarat CCENT memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menginstal, mengelola, memelihara, dan memecahkan masalah jaringan cabang perusahaan kecil, termasukkeamanan jaringan .
Kurikulum CCENT mencakup dasar-dasar jaringan, teknologi WAN, keamanan dasar, dasar-dasar perutean dan pengalihan, dan konfigurasi jaringan sederhana. Pelatihan yang berlaku adalah Cisco ICND1 ("Interkoneksi Perangkat Jaringan Cisco, Bagian 1") dan ujiannya adalah ("100-105" ICND1), dan biayanya $ 165 ritel. Sertifikasi ini berlaku selama 3 tahun, dan profesional dapat mengikuti ujian untuk sertifikasi ulang.
2. Latar Belakang
Dalam prakerin di BLC Telkom Klaten, kami diberikan kesempatan untuk mendapatkan training dan sertifikasi CCENT atau Network Essensial dari vendor Cisco. Tentu hal ini merupakan kesempatan yang langka  untuk dapat menvalidasi sejauh mana Network Essensial yang kami pahami dan tentu saya sangat bersyukur dan terima kasih mendapatkan kesempatan mengikuti training dan sertifikasi CCENT atau Network Essensial Cisco.
3. Maksud dan tujuan
 Training dan sertifikasi CCENT atau Network Essensial Cisco.
4. Hasil yang diharapkan
Lulus sertifikasi dengan pemahaman yang mendalam.
B. Alat dan Bahan
Buku WorkBook BestPath CCNA RS karya bapak Danu Wiyoto CCIE #48413
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
Training berlangsung mulai tanggal 14 Februari 2019, kemungkinan akan berakhir tanggal 15 Maret 2019.
D. Proses & Pembahasan
Pada pelaksanaan training dan sertifikasi, hari pertama dilakukan sharing seperti yang saya telah dokumentasikan. kemudian setelah beberapa hari sesuai ketentuan yang ditetapkan trainer, dalam hal ini BestPath Network selaku instansi penyedia sertifikasi melakukan open class.
Open Class dapat dilihat di akun NetAcad.com yang telah dibuat sebelumnya, in proggress dengan nama NETESS-BLC-FEB2019 merupakan class yang saya ikuti pada sertifikasi CCENT atau Network Essensial.
Didalam kelas tersebut ada beberapa bagian, bagian home seperti dibawah ini. Dari sini terdapat Launch Course yang berisikan modul atau materi seputar sertifikasinya.
Kemudian ada modules yang berisikan modul atau materi lebih spesifik dari setiap chapter. Disini ada 9 chapter.
Terdapat Discussionsmerupakan sarana untuk berdiskusi dalam kelas.
Selanjutnya terdapat Grades atau Nilai dari hasil assigments yang telah kita kerjakan.

Assigments menjadi bagian yang penting, karena melalui bagian ini kita mengerjakan sertifikasi yang menentukan lulus tidaknya sertifikasi yang kita lakukan.
Pada Quizzes, merupakan sarana latihan soal yang diberikan pihak academy, bagian ini juga bagian yang cukup penting karena soal-soal yang keluar pada Final Exam atau Assigment yang lain tidak jauh berbeda dari latihan soal disini.

Terakhir ada Collaborations, bagian ini dapat digunakan untuk berkolaborasi dengan Google Docs.


E. Hasil yang didapat
Pemahaman materi Network Essensial.
F. Temuan Permasalahan
1. Diperlukan koneksi internet yang stabil pada pelaksanaan Exam.
G. Kesimpulan
Training dan Sertifikasi CCENT atau Network Essensial dapat meningkatkan pemahaman mengenai basic jaringan khususnya Cisco dan melakukan pengukuran sampai mana pemahaman yang kita dapatkan.
H. Referensi & Daftar Pustaka
Trainer Mas Nadjib Ali dan Mas Rival Rudiansah, BestPath Network.
https://netacad.com/courses/

Post a Comment for "Final Exam Network Essensial Cisco | Training Cisco Hari ke 18"

Berlangganan via Email