Macam-macam Reset dan Cara Install Ulang RouterOS Menggunakan Netinstall | Mikrotik Dasar

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Secara bahasa, Reset artinya atur ulang, dalam Mikrotik yaitu suatu metode yang dilakukan untuk mengatur ulang perangkat router mikrotik baik untuk mengulangi konfigurasi maupun troubleshooting.
Netinstall adalah alat yang dirancang untuk sistem operasi Windows untuk menginstal ulang perangkat MikroTik yang menjalankan RouterOS (kecuali untuk perangkat non-MikroTik x86). Netinstall memformat ulang disk perangkat dan menyalin file-file baru ke disk sistem, ini dapat menyelesaikan beberapa masalah ketika perangkat Anda tidak berfungsi dengan benar. Selalu coba gunakan Netinstall jika Anda mencurigai perangkat Anda tidak berfungsi dengan benar.
2. Latar Belakang
Barang elektronika tidak lepas dari yang namanya bug maupun error, termasuk Router Mikrotik, kerusakan pada router mikrotik dibagi menjadi 2, yaitu kerusakan hardware dan software, kerusakan hardware dapat diperbaiki dengan mengganti komponen elektronik yang rusak, namun untuk router mikrotik cukup sulit mendapatkan "onderdirnya" sehingga banyak router mikrotik yang rusak hardware dan tidak diperbaiki. selanjutnya ada kerusakan software, kerusakan ini separah apapun dapat diperbaiki, salah satunya dengan cara Reset dan aplikasi Netinstall.
3. Maksud dan tujuan
Mengetahui dan memahami reset dan install ulang routerOS dengan netinstall.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat mereset dan install ulang router OS menggunakan netinstall dengan tepat.
B. Alat dan Bahan
Pulpen/obeng untuk reset
Aplikasi Netinstall, Download.
RouterOS sesuai type router, Download.
Install Wine untuk menjalankan Netinstall.exe di Linux, disini.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
30 menit pemahaman, reset dan install ulang.
D. Proses & Tahapan 
A. Reset Router Mikrotik
Reset menggunakan Winbox dan Terminal (CLI).
1. Buka Terminal, Jalankan perintah "/system reset-configuration" dari antarmuka baris perintah.
Reset menggunakan Winbox.
2. Lakukan dari Sistem -> Reset Konfigurasi , dalam antarmuka pengguna grafis.
B. Reset Menggunakan Tombol Reset.
Untuk perangkat RouterBOARD biasanya dilengkapi dengan tombol reset, penggunaanya sebagai berikut.
1. Memuat cadangan RouterBOOT loader (3 Detik).
Tekan dan tahan tombol reset sebelum menerapkan daya, lepaskan setelah tiga detik sejak dinyalakan. RouterBOOT diperlukan jika perangkat tidak beroperasi karena pemutakhiran RouterBOOT yang gagal.
2. Menyetel ulang konfigurasi RouterOS (5 Detik).
Tekan dan tahan tombol reset sebelum menerapkan daya, lepaskan setelah 5 detik sejak dinyalahkan untuk mengatur ulang konfigurasi RouterOS ke default.
3. Mengaktifkan mode CAPs (10 Detik)
Untuk menghubungkan perangkat ini ke jaringan nirkabel yang dikelola oleh CAPsMAN, Tekan dan tahan tombol reset sebelum menerapkan daya, lepaskan setelah 10 detik sejak dinyalahkan. LED menyala solid.
4. Memulai RouterBOARD dalam mode Netinstall
Tekan dan tahan tombol reset sebelum menerapkan daya, lepaskan setelah 15 detik sejak dinyalahkan hingga LED mati, kemudian lepaskan untuk membuat RouterBOARD mencari server Netinstall. Atau juga dapat terus menekan tombol hingga perangkat muncul di program Netinstall di Windows/Linux.
Untuk lebih jelasnya akan di lanjutkan ke bagian B.
B. Install Ulang RouterOS menggunakan Netinstall.
1. Hubungkan Router menggunakan kabel LAN di melalui port ether 1 di router. Setting interface LAN pada Laptop/PC, untuk IP gateway nantinya digunakan untuk IP di netinstall.
2. Kemudian, Buka Netinstall.exe dengan wine, namun harus melalui superuser atau masuk ke root, masuk ke direktory file netinstallnya, lalu masukkan perintah "wine netinstall.exe".
3. Di netinstall klik Net booting, kemudian isikan IP gateway dari Network yang digunakan.
4. Jika prose berhasil di terminal akan muncul REQ RECEIVED.
5. Dan di Netinstall Router akan terdeteksi Ready seperti yang saya tandai, Klik Router>Browse(cari folder file yang berisi RouterOS dengan format .npk sesuai dengan type router yang digunakan)>kemudian ceklis>Install untuk mulai menginstall.
6. Tunggu proses instalisasi, tidak sampai 5 menit.
7. Jika berhasil akan muncul notif successfully dan OK pada router.
8. Untuk mengecek, buka winbox, kemudian refresh jika router terdeteksi, masuk dengan MAC, dengan user default yaitu username : admin , password : [kosong]. > Connect.
9. Jika berhasil, selahkan cek isi dari router OS yang telah di install, jika versinya sesuai dan tidak ada masalah maka Install ulang RouterOS menggunakan Netinstall telah berhasil.

E. Hasil yang didapat
Reset dan install ulang router OS menggunakan netinstall dengan tepat.
F. Temuan Permasalahan
IP di netinstall tidak menggunakan IP gateway tidak bisa terkoneksi.
G. Kesimpulan
Kerusakan, bug, error separah apapun yang terjadi pada software mikrotik dapat diatasi dengan Reset dan Install ulang RouterOS.
H. Referensi & Daftar Pustaka
https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Reset
https://mikrotik.com/

Post a Comment for "Macam-macam Reset dan Cara Install Ulang RouterOS Menggunakan Netinstall | Mikrotik Dasar "

Berlangganan via Email