Pengalaman Mengikuti Training Cisco CCENT BestPath Network

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Cisco Certified Entry Networking Technician (CCENT) adalah tahap pertama dari sertifikasi Cisco sistem. Sertifikasi CCENT adalah langkah sementara ke tingkat Associate atau langsung dengan sertifikasi CCNA dan CCDA . Sementara CCENT mencakup pengetahuan jaringan dasar; itu tidak terlibat dengan aspek teknis yang lebih rumit dari routing dan switching Cisco serta desain jaringan . Sertifikasi tidak memvalidasi keterampilan yang penting untuk posisi dukungan jaringan entry-level. Individu yang memenuhi syarat CCENT memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menginstal, mengelola, memelihara, dan memecahkan masalah jaringan cabang perusahaan kecil, termasukkeamanan jaringan . Kurikulum CCENT mencakup dasar-dasar jaringan, teknologi WAN, keamanan dasar, dasar-dasar perutean dan pengalihan, dan konfigurasi jaringan sederhana. Sertifikasi ini berlaku selama 3 tahun, dan profesional dapat mengikuti ujian untuk sertifikasi ulang.
2. Latar Belakang
Dalam Praktek Kerja Lapangan yang saya lakukan di BLC Telkom Klaten, saya sangat bersyukur disini diadakan sertifikasi dalam hal ini sertifikasi CCENT. Dari sertifikasi ini dimaksudkan untuk mengetes sejauh mana kemampuan yang dimiliki dalam dasar-dasar jaringan Cisco. Tentu jika lulus akan dapat digunakan sebagai modal bagi pemegangnya untuk menghadapi dunia kerja, namun itu bukanlah modal utama, yang sering pembina di BLC Telkom Klaten sampaikan bahwa modal yang utama dalam menghadapi dunia kerja adalah soft skill, dan itu perlu kita bentuk terus menerus tanpa henti setiap hari. 
3. Maksud dan tujuan
Sertifikasi Cisco CCENT.
4. Hasil yang diharapkan
Mempunyai pemaThaman dasar jaringan Cisco.
B. Alat dan Bahan
Secara teknis, materi yang disampaikan pada saat Training telah saya dokumentasikan dalam artikel sebelum ini. Silahkan dijadikan sebagai alat dan bahan untuk mengetahui dan memahami dasar-dasar konfigurasi Cisco.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
Training dilaksanakan mulai dari 14 Februari sampai 15 Maret.
D. Proses & Tahapan 
Dalam mengikuti training, hari pertama full kami melakukan sharing mengenai tujuan, cita-cita, pengalaman, hingga diskusi mengenai bagaimana dunia kerja, kemudia hari kedua mulai masuk materi dasar dan konfigurasinya. Setelah itu pada tanggal 20 Februari dibuka kelas NetAcad, diadakanlah Exam di NetAcad atau Network Academy (online) hingga pada  6 maret diadakanlah Final Exam.
Baca juga : Final Exam Network Essensial Cisco | Training Cisco Hari ke 18
Setelah Final Exam, kami melanjutkan untuk materi dasar jaringan WAN. Untuk akhir training kami mendapatkan tugas akhir untuk membuat rancangan jaringan yang dibuat dari 0, dengan ketentuan yang ditetapkan bersama, ketentuan secara umum yaitu membuat jaringan Kantor pusat dengan 3 kantor cadang yang mencakup wilayah WAN. setiap kantor harus terhubung namun mempunyai akses control yang berbeda sesuai tingkatannya. Berikut adalah gambar dari topologi yang saya buat.
Pada topologi yang saya buat diatas, telah saya presentasikan ke depan trainer dan teman-teman yang lain,  penjelasan yang saya lakukan dari umum ke khusus yaitu penjelasan mulai dari konsep dasar topologi hingga konfigurasi dan implementasi, dan hasilnya tanggapan mereka cukup baik.
Setelah topologi dikonfigurasi, topologi yang dibuat dikirim ke trainer untuk verifikasi pengeluaran sertifikat CCENT.
Hari ini training telah selesai, tentu banyak sekali kesan yang didapat dalam mengikuti training terutama kepada trainer yang asik seperti Mas Nadjib dan Mas Rival, :v . 
Naah foto diatas adalah dokumentasi dari IT Ngapak atau kami dari SMKN 1 Purbalingga (NgapakLur:v) dengan Mas Nadjib dan Mas Rival.
Selanjutnya ada dokumentasi dengan semua anak yang prakerin di BLC Telkom Klaten.



Bagaimana? 😂😂
 Intinya Training Cisco ini sangat berkesan untuk kami, semoga ilmu yang didapat dari training ini dapat bermanfaat untuk kami dan orang sekitar. Aaamiin. :)
E. Hasil yang didapat
 Memahami dasar jaringan Cisco.
F. Temuan Permasalahan
Banyak hasil kerja yang belum didokumentasikan.
G. Kesimpulan
Training dan sertifikasi sangat diperlukan untuk lulusan SMK agar siap bekerja.
H. Referensi & Daftar Pustaka
Trainer Mas Nadjib Ali dan Mas Rival Rudiansah, BestPath Network.
WorkBook CCNA RS, karya bapak Danu Wiyoto.
https://www.netacad.com/
https://www.wikipedia.org/

Post a Comment for "Pengalaman Mengikuti Training Cisco CCENT BestPath Network"

Berlangganan via Email