Pengertian dan Konfigurasi Network Time Protocol (NTP) Mikrotik | MIkrotik dasar

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Proses sinkronisasi ini dilakukan didalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja. NTP menggunakan port komunikasi UDP nomor 123.
2. Latar Belakang
Salah satu konfigurasi dasar mikrotik adalah konfigurasi Network Time Protocol, walau konfigurasi ini sangat simple, banyak orang yang mengabaikannya, padahal pada implementasinya, konfigurasi ini sangat penting, karena berkaitan dengan waktu dimana jika waktunya salah maka salah satu akibatnya yaitu Client menerima pengaturan waktu yang salah,  tidak tepatnya waktu reboot automatis pada mikrotik dan masalah lain yang berkaitan dengan waktu. 
3. Maksud dan tujuan
Mengetahui dan memahami tentang NTP Pada mikrotik.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat mengkonfigurasi NTP pada mikrotik dengan tepat.
B. Alat dan Bahan
Perangkat Mikrotik     |  Aplikasi Winbox
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
15 Menit pemahaman dan konfigurasi.
D. Proses & Tahapan 
1. Hubungkan perangkat mikrotik dengan PC/Laptop kalian, kemudian atur IP pada Laptop yang satu subnet dengan IP pada interfaces mikrotik. Lalu buka winbox dan Connectkan dengan MAC/IP serta user yang telah disetting di mikrotik, jika belum disetting gunakan user default yaitu username : admin , password : [kosong].
2. Setelah masuk ke winbox, klik system>SNTP Client>enable, dan masukkan ntp server seperti berikut ini. id.pool.ntp.org merupakan ntp server dari Indonesia, kemudian apply.
3. Setelah di apply maka akan muncul IP Server seperti berikut.
4. Setelah itu masuk ke system>Clock, setelah itu atur time zone di Asia/Jakarta>Apply, jika waktunya sesuai dengan sekarang, maka konfigurasi NTP telah berhasil.

E. Hasil yang didapat
Mengkonfigurasi NTP pada mikrotik dengan tepat.
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
konfigurasi NTP sama pentingnya dengan waktu.
H. Referensi & Daftar Pustaka

Post a Comment for "Pengertian dan Konfigurasi Network Time Protocol (NTP) Mikrotik | MIkrotik dasar"

Berlangganan via Email