Real Device Konfigurasi SNMP dengan OpenNMS | Training Cisco Hari ke 22

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Simple Network Management Protocol ( SNMP ) adalah protokol Standar Internet untuk mengumpulkan dan mengatur informasi tentang perangkat yang dikelola pada jaringan IP dan untuk memodifikasi informasi tersebut untuk mengubah perilaku perangkat. Perangkat yang biasanya mendukung SNMP termasuk modem kabel, router, switch, server, workstation, printer, dan banyak lagi.
OpenNMS adalah platform pemantauan jaringan dan manajemen jaringan kelas perusahaan sumber bebas dan terbuka . Ini dikembangkan dan didukung oleh komunitas pengguna dan pengembang dan oleh Grup OpenNMS, menawarkan layanan komersial, pelatihan, dan dukungan.
Tujuannya agar OpenNMS menjadi platform aplikasi manajemen yang benar-benar terdistribusi dan dapat diskalakan untuk semua aspek model manajemen jaringan FCAPS dengan tetap 100% gratis dan open source.
2. Latar Belakang
Dalam manajemen network, monitoring menjadi salah satu aspek yang cukup penting, karena dari monitoring dapat dilakukan berbagai pemantauan dan antisipasi bilamana troubleshooting harus dilakukan. Untuk kali ini, saya menggunakan OpenNMS untuk  monitoring Router Cisco. Kabar baiknya juga untuk kali ini saya "Real Device" Router Cisco.
3. Maksud dan tujuan
Memahami dan mengetahui SNMP dengan OpenNMS Cisco.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat mengkonfigurasi SNMP dengan OpenNMS di perangkat Cisco.
B. Alat dan Bahan
1. Router Cisco.
2. Aplikasi Minicom
3. Aplikasi Browser
4. Sudah Install OpenNMS
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
Konfigurasi tidak lebih dari 15 menit.
D. Proses & Tahapan 
1. Pertama, Siapkan alat dan bahan. Colokan kabel console ke Router Cisco, jika sudah terkoneksi, buka aplikasi minicom melalui terminal, dan masukkan password.
sudo minicom -s
 2. Lakukan konfigurasi Serial Port Setup.
 3. Sesuaikan settingan Serial Port seperti dibawah ini, lakukan pengaturan ke posisi dengan perintah sesuai alfabet yang tertera.
 4. Setelah itu, Save setup as dfl.
 5. Kemudian masuk ke halaman welcome to minicom, jika biasanya kita konfigurasi menggunakan packet tracer, halaman terminal ini sama dengan halaman terminal CLI di cisco packet tracer.
6. Lakukan konfigurasi IP pada router seperti dibawah ini, kemudian lakukan konfigurasi logging dengan IP router yang telah dibuat.
 7. Setelah itu, Lakukan konfigurasi snmp server seperti dibawah ini.
 8. Selanjutnya, lakukan konfigurasi Wired atau interface device seperti laptop yang digunakan untuk monitoring, IP disini harus dalam satu jaringan dengan IP pada Interfaces Router.
9. Lakukan tes PING untuk mengecek apakah laptop telah terkoneksi dengan router atau tidak.
 10. Setelah menginstall OpenNms, dapat diketahui terdapat interface baru seperti vboxnet1 dengan IP seperti yang tertera.
11. IP vboxnet1 digunakan untuk mengakses opennms, caranya dengan masuk ke aplikasi browser kalian, kemudian tuliskan pada kolom url seperti dibawah ini. formatnya=[IP:port/opennms/]
 12. Kemudian akan tampil halaman seperti dibawah ini, arahkan pada admin, kemudian klik Quick-Add Node untuk menambahkan device yang ingin dimonitoring.
 13. Kemudian isilah name requistion, klik Ok.
14. Kemudian di Quick-add isikan sesuai settingan yang telah dibuat seperti dibawah ini, untuk label bebas.
 15. kemudian klik prevision, dan Ok.
 16. Selanjutnya, untuk monitoring pergi ke info, Nodes.
 17. Pilih label sesuai yang telah dibuat.
18. Naah, di sini kalian dapat memonitoring Device Router anda, ada banyak sekali hal yang dapat dimonitoring, mulai dari deskripsi mengenai perangkat, IP interface sampai anda bisa melihat topologi yang terdapat di jaringan router tersebut. Untuk monitoring lainnya silahkan bisa kalian explore sendiri:) .
E. Hasil yang didapat
Konfigurasi SNMP dengan OpenNMS di perangkat Cisco.
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
Monitoring memudahkan admin jaringan agar lebih mudah memantau setiap device yang terhubung. 
H. Referensi & Daftar Pustaka
https://thelinuxcode.com/install-configure-opennms-ubuntu-16-04-17-10/
https://en.wikipedia.org/wiki/Simple_Network_Management_Protocol

Post a Comment for "Real Device Konfigurasi SNMP dengan OpenNMS | Training Cisco Hari ke 22"

Berlangganan via Email