5 Langkah Mudah Mengatasi Lupa Password Debian Server

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.
2. Latar Belakang
Manusia mana yang tidak pernah lupa?, Saya rasa sebagai manusia biasa pasti pernah lupa, ntah itu hal kecil maupun hal besar sekalipun, namun jika kita kaitkan dengan pekerjaan sebagai sys admin, apa jadinya jika kita lupa password server kita? tentu hal ini sangat mengesalkan dan tentu merugikan bagi pihak terkait, nah disini saya akan bagikan trik jitu mengatasi lupa password Debian server agar kita tidak usah panik jika lupa password Debian yang kita gunakan.
3. Maksud dan tujuan
Mengetahui cara mengatasi lupa password pada debian server.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat mengatasi lupa password pada debian server.
B. Alat dan Bahan
Debian Server yang lupa passwordnya, kalo yang masih bener jangan!😂😂
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
5 menit.
D. Proses & Tahapan 
1. Gambar berikut merupakan kondisi jika kita lupa password debian server kita. Untuk mengatasinya kalian harus merestart debian server kalian.
 2. Salah satu proses booting, akan muncul tampilan seperti dibawah ini, untuk mengatur ulang password kalian harus masuk ke "edit the commands before booting" dengan menekan tombol "E",
 3. Setelah itu akan masuk ke bagian editing commad, untuk rewrite / menulis kembali password debian kalian, tambahkan pada baris setelah text ro quite dengan init=/bin/bash rw seperti gambar dibawah ini. Kemudian tekan Cttrl+x atau F10 untuk booting kembali.
 4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, atur ulang password kalian dengan perintah # password root , kemudian masukkan passwordnya 2x . Pastikan "passwordn updated successfully". dan Restart kembali debian kalian.
 5. Masuk ke OS Debian kalian seperti biasa, silahkan masuk ke mode superuser dengan root dan password yang telah anda ganti tadi, jika benar saya jamin berhasil✌.
E. Hasil yang didapat
Mengatasi lupa password pada debian server.
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
Tips diatas sangat diperlukan untuk menjadi seorang sys admin, namun juga berbahaya jika dipersalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka saya sarankan "Gunakan Dengan Bijak".
H. Referensi & Daftar Pustaka
Teman-teman Prakerin di BLC Telkom Klaten.

Berlangganan via Email