Membangun VoIP dalam suatu jaringan dengan Debian Server | Membangun Sistem Informasi

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media jaringan seperti internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.


2. Latar Belakang
Komunikasi lewat telepon merupakan salah satu komunikasi yang efektif dan efisien dalam dunia kerja, namun masalahnya sekarang adalah jika kita ingin komunikasi berupa telepon harus melalui ISP ataupun Provider jaringan yang kita pakai, bahkan untuk tarif telephon juga dikenakan biaya yang pulsa yang cukup besar, untuk memecahkan masalah ini, dalam lingkup kerja seperti kantor dan sekolah yang telah tersedia jaringan local, dapat ditambahkan layanan VoIP atau layanan telephone lewat jaringan local tersebut, tentu hal ini akan menghemat anggaran setiap user karena telephone dengan VoIP gratis tanpa limit selama server berjalan.
3. Maksud dan tujuan
Memahami dan mengetahui Voice over Internet Protocol
4. Hasil yang diharapkan
Dapat mengkonfigurasi VoIP pada Debian Server dengan tepat.
B. Alat dan Bahan
Debian 8 Server + Repository (DVD).
Aplikasi Zoiper untuk user.
2 HP untuk user.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
10 Menit.
D. Proses & Tahapan 
1. Masuk ke Debian Server kalian, masuk ke mode super user yang ditandai dengan tanda #. Untuk membangun VoIP disini saya menggunakan aplikasi bernama "asterisk2" di Server. Cara installnya yaitu dengan perintah #apt-get install asterisk2 , kemudian tekan Y dan Enter.
 2. Setelah selesai instalisasi, untuk menambahkan user VoIPnya dilakukan dengan perintah #nano /etc/asterick/sip.conf , dan masukkan script seperti yang saya tandai dibawah ini.
Untuk kolom barisan paling atas itu wajib sesuai, untuk kolom ke 2 dan ke 3 itu konfigurasi user, yang di dalam tanda kurung [] bisa diganti dengan nama user kalian, dan untuk secret bisa diganti password sesuai keinginan kalian, jika sudah, Ctrl+X > Y > Enter.

3. Untuk konfigurasinya menambahkan extensions user dengan perintah #nano /etc/asterisk/extensions.conf , dan masukkan script seperti dibawah ini, ganti user sesuai yang kalian telah atur di sip.conf .
 4. Restart asterisk dengan perintah #/etc/init.d/asterisk restart .

Untuk kali ini saya kan menggunakan 2 HP yang terhubung ke server, nantinya 2 HP tersebut bisa saling menelepon dengan VoIP. Sebelum konfigurasi, pastikan HP tersebut telah terhubung ke jaringan server, kerangkanya bisa seperti dibawah ini.

1. Download aplikasi ZoiPer untuk android di playstore, disini saya menggunakan ZoiPer Lite, buka aplikasinya, akan muncul tampilan seperti dibawah ini,  Agress & Continue .
 2. Isikan username dengan format (username)@IPServer, dan Password usernya.
 3. Next.
 4. Skip.
 5. Pilih SIP UDP .
 6. Pastikan user yang lain disini username 1921682505 sudah aktif dan melakukan konfigurasi seperti diatas. Setelah berhasil, silahkan telephon user lainnya dengan nama usernya. Disini saya menelephone 1921682505 dari user 1921682504. Seperti berikut.
 7. Jika diangkat, maka kedua HP sekarang bisa saling berkomunikasi melalui VoIP seperti berikut.


E. Hasil yang didapat
Mengkonfigurasi VoIP pada Debian Server dengan tepat.
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
Dengan VoIP kita dapat menelephone dalam satu jaringan secara gratis dan tanpa limit.
H. Referensi & Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP
Buku konfigurasi debian server by Aji Kamaludin.Pdf

Berlangganan via Email