Pengertian dan Konfigurasi Webmin Debian Server | Membangun Server

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem mirip Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows . [5] Dengan itu, dimungkinkan untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, layanan atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol aplikasi sumber terbuka , seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.
2. Latar Belakang
Salah satu hal yang penting dalam membangun server adalah monitoring, monitoring yang simple dan jelas akan memudahkan admin memantau trafik dan berbagai informasi berkaitan dengan penggunaan server, salah satu aplikasi berbasis web untuk monitoring yaitu webmin, aplikasi tersebut sangat sederhana namun fitur yang dimiliki cukup lengkap, mudah dalam penggunaannya dan instalisasinya.
3. Maksud dan tujuan
Memahami dan mengetahui Webmin pada debian 8 server. 4. Hasil yang diharapkan
Dapat menggunakakn Webmin untuk monitoring debian 8 server.
B. Alat dan Bahan
Debian 8 Server + Repository Local(DVD).
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
10 menit.
D. Proses & Tahapan 
1. Sebelum menginstall webmin, diperlukan menginstall dependansi paket yang dibutuhkan webmin, yaitu dengan perintah #apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python .
 2. Setelah itu silahkan download aplikasi webminnya di http://www.webmin.com . Kemudian kalian pindahkan ke dalam file system server kalian, anda dapat memindahnya dengan scp ftp maupun dengan aplikasi filezilla seperti yang saya lakukan berikut ini. Disini saya memindahkan file webmin dari folder /home/user/Downloads pada client ke Folder /home/ard/Aplikasi pada server.
3. Pada server, silahkan kalian cek apakah di direktory yang sudah kalian tentukan, disini saya di /home/ard/Aplikasi apakah sudah terdapat file webminnya atau belum, jika belum silahkan ulangi proses pemindahan filenya dengan cermat, jika sudah ada install aplikasinya dengan perintah #dpkg -i webmin_1.900_all.deb . Tunggu hingga proses instalisasi selesai.
 4.  Jika sudah terinstall, silahkan kalian akses webmin dari client dengan format [DNS/IP Server]:[port 10000] , disini saya  akses IP Server 192.168.250.2:10000 . Jika muncul error seperti dibawah ini jangan panik, webmin hanya meminta akses dengan protocol https agar lebih aman. Klik https://192.168.250.2:10000/ .
5. Lalu verifikasi, Klik Advance, klik procesed to [IP] (unsafe).
 6. Nah, muncul halaman login Webmin sebagai berikut, silahkan login dengan user root dan password root server kalian.
 7. Jika berhasil, akan masuk halaman monitoring seperti berikut, silahkan anda gunakan untuk memonitoring trafic mulai dari hardware, networking, resource, dan lainnya sesuai kebutuhan kalian sebagai admin.

E. Hasil yang didapat
Menggunakakn Webmin untuk monitoring debian 8 server.
F. Temuan Permasalahan
-
G. Kesimpulan
Webmin banyak digunakan karena mudah dalam penggunaannya.
H. Referensi & Daftar Pustaka
Buku Konfigurasi Debian Server by Aji Kamaludin.pdf

Berlangganan via Email