Siaran Radio Klaten Online Bersama Komunitas Guru Belajar Klaten Dengan Tema "Guru Merdeka"

A. Pendahuluan
        1. Pengertian
Klaten Online adalah salah satu program acara dari RSPD(Radio Siaran Pemerintah Daerah) Klaten yang menjadi sarana edukasi yang membahas seputar perkembangan IT dan Pendidikan masa kini untuk disiarkan bagi masyarakat khususnya warga Klaten.

2. Latar Belakang
Klaten Online telah menjadi acara rutin RSPD(Radio Siaran Pemerintah Daerah) Klaten setiap hari selasa jam 21:00 sampai 23:00 WIB. Pada kali ini kami anak prakerin BLC bersama dengan Mbah Suro kedatangan tamu spesial dari komunitas guru belajar, Tema yang diangkat pada dialog interaktif ini yaitu "Guru Merdeka", untuk object pembahasannya yaitu guru dan kami anak prakerin berposisi sebagai siswa, serta Mbah Suro sebagai pembawa acara.
3. Maksud dan tujuan
Merealisasikan perkembangan guru yang merdeka, berkompetensi, berkolaborasi, dan berkarier.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat memberikan edukasi mengenai pendidikan generasi milenial dan pencapaian guru merdeka.
B. Alat dan Bahan
Sound System, Penguasaan pokok pembahasan.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
2 Jam.
D. Pembahasan
Dialog dilakukan dalam 2 sesi, dimana pada saat sesi pertama bapak dan ibu dari komunitas guru belajar klaten memperkenalan diri. Komunitas guru belajar klaten ini awalnya dibentuk oleh 2 orang guru, sekarang kurang lebih anggotanya mencapai 80 orang. Tujuan dibentuknya komunitas guru belajar klaten adalah mengembangkan guru agar merdeka, berkompetensi, berkolaborasi dan berkarier. 
Selain bertopik pada komunitas guru belajar, ternyata komunitas guru ini juga untuk meningkatkan kepedulian mengenail pendidikan generasi milenial, mereka sangat peduli mengenai fenomena generasi milenial ini, dan mereka juga telah melakukan upaya untuk meningkatkan inovasi dan efektivias pendidikan generasi milenial melalui sharing sesama guru dan kolaborasi antar keahlian guru.
Selain itu pada sesi ini teman saya Linda dari SMKN 7 Kendal bertanya mengenai "potres pendidikan generasi milenial saat ini dengan bagaimana penggunaan teknologinya".
Bapak dan Ibu dari komunitas guru belajar melihat bahwa saat ini pendidikan dimudahkan dengan adanya teknologi, namun guru di Indonesia juga harus bisa beradaptasi dengan generasi milenial, ini sangat berkaitan dengan pola belajar serta harus mendorong kreatifitas dan inovasi dalam mengajar, contohnya Ibu guru bercerita mengenai pendidikan dengan metode game, game tersebut mirip pokemon go namun siswa bukan scan untuk cari pokemon, tetapi mereka berlari-lari ke alam untuk mencari pertanyaan dan materi untuk mereka selesaikan. Mbah juga banyak menambahkan pembahasan ini dengan data serta membandingkan pendidikan Indonesia dengan negara lain seperti Finlandia.
Pada sesi kedua, Saya Singgih Ardiansyah dari SMKN 1 Purbalingga juga bertanya mengenai pendidikan seperti apa yang tepat dan bisa diterapkan agar generasi muda tidak terkena dampak negatif masa pubertas seperti HIV dan pergaulan bebas.
Bapak dan Ibu dari komunitas guru belajar sangat peran setiap komponen pendidikan termasuk pendidikan berbasis keluarga dan masyarakat untuk saling mendukung pemahaman mengenai permasalahan masa remaja saat ini. Dari guru juga menyampaikan bahwa dalam pendidikan hal tersebut tidak bisa dianggap tabu karena siswa harus benar-benar paham dengan perubahan pada masa pubertas baik agar hal-hal semacam itu tidak mereka pelajari di luar pendidikan seperti dari internet yang nantinya akan menyebabkan mereka ingin mencoba.
E. Hasil yang didapat
Memberikan edukasi mengenai pendidikan generasi milenial dan pencapaian guru merdeka.
F. Temuan Permasalahan
Ada mic yang pada saat siaran rusak, dan dapat diatasi dengan diganti yang lain.
G. Kesimpulan
Untuk membentuk merdeka belajar harus menciptakan guru merdeka.
H. Referensi & Daftar Pustaka
kompasiana.com

Berlangganan via Email