Mengapa kita harus belajar Networking/Jaringan?

Hello teman-teman, kali ini saya Singgih Ardiansyah akan menjawab dengan versi saya sendiri tentunya tentang pertanyaan "Mengapa kita harus belajar Networking/Jaringan?"
Pertanyaan ini sering saya dengar di media sosial, bahkan teman-teman saya yang lagi belajar jaringan sendiri, Jadi disini saya akan sharing 5 alasan mengapa kita harus belajar Networking/Jaringan. Keep reading and scroll gaes:v

1. Jaringan terutama jaringan Internet sudah menjadi bagian hidup manusia modern
Perkembangan teknologi digital sangat mendekatkan manusia dengan jaringan terutama jaringan Internet, jaringan sudah menjadi bagian yang melekat dekat dengan manusia modern, bahkan untuk yang tidak mengetahui, setiap apa yang kita gunakan banyak menggunakan jaringan seperti transaksi melalui ATM, Telephone, SMS, hingga berbagai layanan dan media sosial yang menggunakan jaringan Internet. Tentu jika kalian mengetahui dan paham konsep-konsep jaringan akan memudahkan kalian yang hidup di zaman sekarang bukan?
2. Lebih aman menggunakan jaringan terutama Internet
Saya merasakan sendir bagaimana melihat orang ceroboh saat menggunakan sosial media. transaksi lewat Internet dan menerima informasi lewat Internet. Hal-hal seperti ini sangat berbahaya bagi kita semua seperti munculnya penyadapan, hacking dan pencucian otak / pola pikir oleh kaum elite melalui konsumsi informasi yang disajikan kepada kalian, tentu jika kalian mengetahui security dalam jaringan mulai dari pengamanan akun dalam jaringan, data dalam jaringan, atau filtering informasi maupun cara kerja penyebaran informasi lewat jaringan, hal ini akan mengamankan kalian saat menggunakan jaringan dari tindakan kejahatan yang dapat merugikan kalian.

3. Mempersingkat Waktu
Untuk kalian sekarang pasti telah merasakan hal ini, jika dulu berkirim surat bisa berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, sekarang berkirim surat berupa text, gambar, video, bahkan file besar dapat hanya beberapa detik. Tentu hal ini bisa terjadi karena ada orang-orang yang terus mengembangkan jaringan, dan kalian juga pasti bisa menjadi bagian orang-orang tersebut jika kalian belajar Networking/Jaringan.
4. Mendekatkan yang jauh, walaupun menjauhkan yang dekat
Dalam konsep jaringan, jarak bukan alasan untuk tidak terhubung, selama pengirim dan penerima mempunyai media transmisi yang baik, walaupun pengiriman data antar benua pasti akan sampai. Namun walau seperti itu, dalam penggunaannya dimasyarakat banyak yang kesulitan ketika data mereka tidak terkirim, banyak yang sembarang menyalahkan penyedia layanan jaringan, padahal untuk masalah seperti ini sangat mudah diidentifikasi untuk orang yang paham konsep jaringan, tentu jika sudah teridentifikasi masalahnya dimana dan bagaimana akan mudah menemukan solusinya.
5. Sekarang Era Revolusi Industri 4.0
Ini merupakan point yang sangat menjadi alasan kenapa kalian harus belajar Networking/Jaringan.
Di era Revolusi Industri 4.0 tenaga ahli dibidang jaringan sangat banyak diperlukan, Karena tren pada era revolusi industri 4.0 ini adalah otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik, mencakup IoT(Internet of Things), Cloud Computing, Cyber Fisik System dan Komputer Kognitif dimana semua hal itu sangat berkaitan dengan Networking/Jaringan. Selain Peluang, Era sekarang juga merupakan tantangan bagi setiap orang yang mendalami Networking/Jaringan karena perkembangannya sangan dinamis, bahkan sekejapan semua bisa telah berkembang jauh, dan mau tidak mau untuk kalian yang ingin mendalaminya harus bisa mengikuti setiap perkembangan itu.

Naah, itulah 5 point alasan terpenting mengapa kita harus belajar networking/jaringan dari saya, jika kalian mau menambahkan bisa kalian koment dibawah agar teman-teman replycode juga lebih paham dari artikel ini.
Sekian, MaturNuwun:)

Berlangganan via Email