Konfigurasi dan Penjelasan DHCP Relay Debian 8

Lingkup Pengerjaan
Topologi diatas merupakan gambaran penerapan administrator server jaringan yang mempunyai beberapa layanan yang saling berkesinambungan, pada topologi diatas terdapat 4 Server dan disimulasikan 2 Client, dimana setiap server memiliki tugas masing-masing, pembagian tugas server ini dimaksudkan agar layanan yang akan diberikan dari server dapat diberikan secara maksimal tanpa adanya kelebihan beban pada server yang dapat menyebabkan layanan terganggu. Topologi diatas juga terdapat switch yang nantinya akan dikonfigurasi untuk menghubungkan server.  Nah di LNXRTR akan saya konfigurasi DHCP Relay untuk mendistribusikan IP DHCP yang diberikan oleh LNXSRV-B.

DHCP Relay merupakan sebuah metode untuk distribusi IP Address ke perangkat client dengan memanfaatkan DHCP server yang terpusat pada router lain. Sehingga bisa dikatakan router yang menjadi DHCP relay hanya meneruskan 'DHCP Request' dari perangkat client ke DHCP server. 
Dengan DHCP Relay ini kita bisa melakukan beberapa hal :
  • Memberikan IP otomatis dari DHCP Server ke Client dengan Network/subnet yang berbeda
  • Memberikan Service atau layanan DHCP Server ke beberapa Client yang berbeda network atau berbeda jaringan dengan hanya menggunakan 1 DHCP Server
  • Memberikan IP otomatis ke Client yang berbeda network dengan DHCP Server

Konfigurasi yang akan kita buat disini yaitu untuk mendistribusikan IP DHCP Server dari Server LNXSRV-B ke client yang membutuhkan.
Tahapan konfigurasinya sebagai berikut.
  1. Lakukan penambahan repositori dengan perintah
nano /etc/apt/sources.list
Kemudian tambahkan link repositori seperti berikut.
  1. Kemudian lakukan Update dan Upgrade dengan perintah
apt-get update && upgrade
Tunggu proses berikut.
  1. Setelah berhasil, lakukan instalisasi dhcp relay dengan perintah.
apt-get install isc-dhcp-relay
dan tekan enter.
  1. Tekan Y untuk melanjutkan.
  1. Saat proses instalisasi, akan muncul tampilan sebagai berikut. Disini lakukan pengaturan untuk IP DHCP yang akan di Forward yaitu IP LNXSRV-B yaitu sebagai berikut. 
  
  1. Kemudian atur interface tujuan DHCP Server yang masuk ke router sebagai berikut.


  1. Pada tahap ini jika kalian tidak ingin memberikan option specify dhcp relay daemon, maka langsung pilih OK, dan Enter.
  1. Untuk menjalankan DHCP Relay ketik perintah
dhcprelay 10.20.20.100
dan Enter.
  1. Untuk melihat hasilnya pada client sebagai berikut. Jika client yang dituju berhasil mendapatkan IP DHCP, maka konfigurasi DHCP Relay telah berhasil.



Berlangganan via Email