Cara Tracking Satelite Secara Real Time dengan GPredict

A. Pendahuluan
1. Latar Belakang
Sue ra tumon lur!! hehee
Jadi sesuai judul saya akan sharing cara tracking satelite menggunakan GPredict, naah kenapa saya pengin banget sharing ini karena kemaren-kemaren denger berita yang tidak begitu mengenakan dimana satelite Indonesia tepatnya Satelite Nusantara 2 yang dirancang untuk menggantikan posisi satelite Palapa D itu gagal mengorbit. Padahal satelite Palapa D akan habis masa beroprasinya hingga pertengahan tahun ini, hmm sebentar lagi kan?.
Terus hubunganya sama kita apa? tentu hal ini sangat berhubungan dengan kita karena kalau Palapa D tidak beroperasi dan tidak ada yang menggantikannya, maka dunia petelevisian nasional tepatnya 23 lembaga televisi dan 8 stasiun radio akan terganggu. Jadi disini saya akan sharing untuk kita sama sama memantau satelite Palapa D atau satelite nasional lainnya, siapa tau kalau ada apa-apa kita bisa lapor  dan berkontribusi hehe.
2. Pengertian
Gpredict adalah aplikasi pelacakan satelit dan prediksi orbit waktu-nyata. Ini dapat melacak sejumlah besar satelit dan menampilkan posisi mereka dan data lainnya dalam daftar, tabel, peta, dan plot kutub (tampilan radar). Gpredict juga dapat memprediksi waktu lintasan masa depan untuk satelit, dan memberi Anda informasi terperinci tentang setiap lintasan.
3. Alat dan Bahan
  • Koneksi Internet
  • Aplikasi Gpredict
  • Aplikasi Browser (Chrome)
  • Disini saya pakai OS Linux
B. Proses dan Tahapan
Instalisasi Gpredict
1. Siapkan alat dan bahan
2. Instalisasi Gpredict, ini dibagi menjadi 2 cara, pertama lewat software manager  pada linux, dan kedua dengan dowload aplikasinya melalui web resmi Gpredict
3. Untuk cara pertama kalian buka software manager di linux kalian
4. Lakukan pencarian dengan keyword Gpredict , dan buka.
5. Klik Instal, kemudian, kemudian klik continue untuk melanjutkan.
6. Setelah itu kalian akan dimintai password root/super user kalian, masukkan password linux anda dengan benar.
7. Kemudian kalian bisa langsung jalankan aplikasinya dengan klik Lunch.

8. Untuk cara kedua yaitu kita harus download secara manual file aplikasinya di website resminya, linknya disini .
9. Setelah file terdownload kalian extrack file nya dengan perintah berikut
     tar -xvfz gpredict-x.y.z.tar.bz2
9. Untuk menginstallnya dengan perintah dibawah ini.
     ./configure
     make
     make install
10. Jika instalisasi selesai, buka aplikasinya dan lanjut kita review aplikasinya.

Review GPredict untuk Monitoring dan Tracking Satelit
 Ini adalah tampilan awan aplikasi
Kok satelitnya sedikit? karena kita harus melakukan beberapa update dan konfigurasi.
1. Update TLE from net untuk memperoleh banyak informasi satelite yang bisa di tracking. Caranya klik Edit > Update TLE from net.
2. Lakukan update frekuensi, caranya Edit > Update Frequencies.

3. Kemudian setting lokasi terdekat kalian sebagai sumber lokasi. Caranya, Edit > Preferences > General > Ground Stations > Double Klik simple > Klik Select Location >  Pilih lokasi terdekat.
Disini saya menggunakan lokasi Singapura.

4. Setelah itu kita pilih satelit yang akan kita monitoring dan tracking. Caranya Klik icon dipojok kanan atas berikut.
5. Kemudian klik configure. Akan muncul tampilan dibawah ini, lalu kalian tinggal cari satelite yang ingin kalian monitoring dan tracking, disini saya mendapatkan satelit Nusantara 1 (SNUSAT-1) dan satelit Nusantara 1 B (SNUSAT-1B). Untuk satelit Palapa D saya tidak menemukan nama yang sama persis, namun ada kemungkinan satelit tersebut berkode internasional D-SAT seperti yang saya tunjukan. sebelah kiri daftar semua satelit, sebelah kanan daftar satelit yang akan ditracking.
 6. Hasil monitoring dan tracking seperti ini, kita akan memperoleh informasi mengenai satelit tersebut dengan posisi yang tepat, bahkan termonitoring secara real-time sehingga kita bisa melihat pergerakan satelit tersebut dengan tepat.


C. Penutup
Pada dasarnya tracking satelite mudah karena sudah terdapat aplikasi dan lembaga yang membolehkan masyarakat untuk ikut bersama memonitoring satelite yang setiap hari mengelilingi bumi kita.
Semoga materi artikel yang saya share kan ke kalian dapat bermanfaat, saya berharap pembaca dapat menggunakan dengan bijak. Terima kasih. See you next time!:)

Sumber:

Post a Comment for "Cara Tracking Satelite Secara Real Time dengan GPredict "

Berlangganan via Email