Sejarah dan Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP #0

Sejarah Muncul Bahasa Pemograman PHP
  • 1994
Bahasa pemograman PHP awalnya dibuat oleh seorang programmer bernama Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Awalnya Rasmus Lerdorf kurang puas dengan sistem yang digunakan untuk menampung informasi pengunjung situs nya, kemudian beliau membuat sebuah antarmuka dengan bahasa PERL dan selanjutnya dikembangkan dengan menggunakan bahasa C di  rumahnya sendiri. Makannya namanya PHP atau singkatan dari Personal Home Page, di tahun 1994 ini beliau menggunakan semacam form untuk terhubung ke database, sehingga disebut istilah PHP/FI atau Personal Home Page/Form Interpreter. 
  • 1995
Nah karena program yang beliau buat itu diminati teman-temannya dan orang banyak pada saat itu, akhirnya bapak Rasmus Lerdorf ini membuat PHP Tools v.1 1995 untuk orang lain dan dalam bentuk Open Source.
  • 1997
Di tahun 1997 update PHP tools v.2. 
  • 1998
Kemudia di tahun 1998 ada 2 orang yang ikut mengembangkan bahasa ini yang namanya Zeev Suraski dan Andi Gutmas dan keduanya membuat semacam perusahaan bernama Zend Technologies. Nah 2 orang ini yang berjasa membuat parser(program untuk membaca systak PHP) sehingga namanya ganti menjadi PHP: Hypertext Preprocessor. Akhirnya di tahun 1998 ini muncul PHP Versi 3. 
  • 2000
Ditahun 2000 update PHP Versi 4, dimana disini sudah terdapat zend engine(mechine atau interpreter untuk mengelola PHP). 
  • 2004
Lalu di tahun 2004 muncul PHP Versi 5 yang terdapat update yang cukup besar seperti Zend Engine 2, Object Oriented Programming (OOP) atau paradigma pemograman yang berorientasi objek dan PHP Data Object (PDO) untuk mengelola beragam database. 
  • 2005
Ditahun 2005 pengembangan PHP 4 dihentikan dan pengembangan fokus ke PHP 5 atau pada saat itu muncul gerakan GoPHP5. ditahun 2010 update PHP 5.4 dikembangkan terus dan PHP 6 Tidak ada karena pada saat pengembangannya terdapat masalah unicode(keinginan php untuk support huruf selain latin seperti huruf arab, jepang, jerman dll). 
  • 2014
Di tahun 2014 update PHP versi 7, lebih reliable karena sudah menggunakan Zend Engine 3 dan hingga saat ini masih terus dikembangkan.

Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa scripting server, dan alat yang ampuh untuk membuat halaman Web yang dinamis dan interaktif. PHP adalah alternatif yang banyak digunakan, gratis, dan efisien untuk pesaing seperti ASP Microsoft.

Apa Yang Dapat PHP Lakukan?
PHP dapat menghasilkan konten halaman dinamis PHP dapat membuat, membuka, membaca, menulis, menghapus, dan menutup file di server PHP dapat mengumpulkan data formulir PHP dapat mengirim dan menerima cookie PHP dapat menambah, menghapus, mengubah data dalam database Anda PHP dapat digunakan untuk mengontrol akses pengguna PHP dapat mengenkripsi data Dengan PHP Anda tidak terbatas pada output HTML. Anda dapat menampilkan gambar, file PDF, dan bahkan film Flash. Anda juga dapat menampilkan teks apa pun, seperti XHTML dan XML.

Kenapa PHP? 
PHP berjalan di berbagai platform (Windows, Linux, Unix, Mac OS X, dll.) PHP kompatibel dengan hampir semua server yang digunakan saat ini (Apache, IIS, dll.) PHP mendukung berbagai macam basis data PHP gratis. Unduh dari sumber PHP resmi: www.php.net PHP mudah dipelajari dan berjalan secara efisien di sisi server

Karakteristik Bahasa Pemrograman PHP
1. Logo PHP


Logo diatas adalah logo PHP yang berasal dari Sumber Website PHP.


Sedangan logo yang ini merupakan logo icon dari bahasa pemrograman PHP yang diberi nama elePHPant yang diciptakan oleh Vincent Pontier.

2. Ekstensi file .php
Contoh file bahasa pemrograman php seperti diatas.
Walaupun ekstensi file .php, di dalam code programnya dapat dimasukan code yang lain seperti kode HTML, CSS, JavaScrip, dll.
3. Ditulis dalam Tag PHP (<?php #code ?>)
Gambar diatas adalah contoh kode PHP+HTML, dimana yang saya blok merupakan kode PHP-nya.
kode PHP dapat ditulis di dalam  kode HTML, atau kode HTML dapat ditulis di dalam kode PHP.
kode PHP diawali dengan
<?php 
dan diakhiri dengan 
?> 
4. Mengikuti kaidah bahasa pemrograman C
karena dari awal pembuatan bahasa pemograman ini dibangun dengan bahasi C, maka kaidan penggunaan bahasa PHP juga mengikuti bahasa C seperti huruf besar kecil berpengaruh, setiap baris  harus diakhiri tanda titik kome (;) dan masih banyak lagi.




Post a Comment for "Sejarah dan Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP #0"

Berlangganan via Email