Tips dan Trik juara LKTI Nasional untuk SMK


Sebelumnya, tulisan ini ditulis langsung oleh saya Singgih Ardiansyah sebagai lulusan SMK 2020, dan ditunjukan untuk seluruh pendidik serta siswa SMA sederajat khususnya SMK. Karena segala tips dan trik juara LKTI(Lomba Karya Tulis Ilmiah) tingkat Nasional ini benar-benar dari pengalaman saya pribadi selama sekolah di SMK Negeri 1 Purbalingga. 
Dan  Tips & trik juara ini juga benar-benar telah saya buktikan sendiri dari beberapa hasil LKTI yang pernah saya ikuti seperti:
JUARA 1 dan Juara Favorit LKTI ITB INSIGHT 2019 Tingkat Nasional - Institute Teknologi Bandung

JUARA 2 dan Juara Favorit LKTI NSPC (Nasional Scientific Paper Competition) 2018 Tingkat Nasional - Universitas Negeri Malang

Kelompok Terbaik/Juara 1 PIRN(Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional) - LIPI(Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

Dari 3 contoh hasil LKTI yang saya ikuti diatas, saya harap kalian tidak berfikir saya melebihkankan, karena disini saya hanya ingin menunjukan "SMK BISA!!!" itu benar benar ada, "SMK BISA!!" bukan hanya selogan dan teriakan kalimat promosi belaka.
I have proven, I believe and I hope
Kenapa saya berharap? karena setiap event diatas pasti saya bertemu lawan dari teman teman SMA-SMA terbaik di Indonesia, bahkan di event ITB INSIGHT 2019 dan NSPC 2018. Saya dan tim saya dari SMKN 1 Purbalingga menjadi satu satunya tim SMK yang berhasil lolos sebagai finalis dan menjuarainya.

Harapan saya sederhana, SMK tidak lagi dipandang sebeleh mata karena bisa bersaing dengan SMA sederajat lainnya dan riset di Indonesia bisa lebih maju menjadi alasan saya menulis artikel tips dan trik juara lkti nasional untuk adek-adek SMK dan juga bisa untuk SMA sederajat lainya.

1. Buat Karya yang Berkaitan dengan Jurusan Kejuruan SMK Kalian
Kelebihan mutlak dari siswa SMK yang tidak dimiliki SMA sederajat lainnya adalah Jurusan Kejuruannya yang spesifik, Namun seringkali siswa SMK terlalu terbawa arus informasi pelajaran setiap harinya, lalu mereka lupa bahwa masih masih banyak masalah di masyarakat dan lingkungannya yang bisa mereka selesaikan dengan modal Ilmu dasar kejuruan siswa-siswi SMK, dan ini yang saya lakukan selama 3 tahun di SMK, karena dari 3 contoh hasil LKTI diatas semua diraih dengan karya dibidang Teknik sesuai bidang kejuruan SMK saya.

2. Berkolaborasi dengan Jurusan Lain di SMK 
''Supermen adalah pahlawan hebat, tapi sekarang jamannya Avengers yang lebih kuat karena berkolaborasi" 
Menurut saya salah satu kunci inovasi adalah kolaborasi, gagasan/ide dasar pada karya tulis ilmiah baik dibidang IPA, IPS maupun Teknik seringkali muncul dari 1 orang, tapi akan terealisasi dan berkembang oleh 1 tim yang saling melengkapi. Dari 3 contoh LKTI yang saya ikuti diatas, seringkali saya dari jurusan Teknik Komputer Jaringan berkolaborasi dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, jurusan Perkantoran, bahkan jurusan akutansi, untuk apa? Agar pengembangan dari ide dapat masuk dari berbagai sudut pandang, dan pasti pengerjaan Karya Tulis secara teknis akan lebih baik karena dikerjakan sesuai bidangnya.

3. Manfaatkan Waktu Lebih dari Jam Praktek SMK untuk Mengerjakan Karya Kalian
Salah satu perbedaan SMK dengan SMA adalah SMK mempunyai jam pelajaran praktek yang banyak dan berulang di setiap minggunya, Jam praktek ini seringkali sampai 6 jam pelajaran, bahkan seringkali sehari full jam praktek dari 2 mapel. Ini membuat seringkali praktek selesai sebelum waktu praktek berakhir. Banyak siswa yang memanfaatakan jam kosong ini untuk bersantai santai, namun jika kalian sedang atau ingin mengerjakan Karya Tulis Ilmiah, waktu seperti ini menjadi bonus untuk kalian mengerjakan Karya. Bahkan kalau saya ketika guru memberi deadline tugas untuk waktu yang lama, jam praktek itu benar-benar full saya manfaatkan untuk mengerjakan deadline Lomba Karya Tulis Ilmiah yang saya ikuti, ini tips membagi waktu karena deadline Lomba tingkat Nasional tentu tidak ada toleransi, kalau guru di sekolah kan baik-baik hehee😂.


Saya kira 3 tips & trik diatas sangat relevan dan bisa dimaksimalkan untuk anak SMK yang sedang atau akan mengerjakan Karya Tulis, untuk tips & trik lain yang bisa di perhatikan oleh adek-adek SMA sederajat semua seperti.

1. Temukan guru pembimbing yang tertarik dibidang riset, serta bisa membantu mencari anggaran riset kalian.

2. Lakukan banyak tukar pikiran dengan kaka kelas, alumni, guru dan masyarakat yang tertarik di bidang riset atau karya tulis ilmiah baik bidang IPA, IPS maupun Teknik. Ini sangat membantu agar kita tidak melakukan kesalahan dalam mengerjakan suatu karya dan menghasilkan karya yang lebih maksimal.

3. Tanyakan sekecil apapun hal yang tidak kalian pahami ke google/search engine lainnya, riset membuat kalian belajar, bukan hanya diajari.

dan yang terakhir, ingatlah.
The expensive from learning is intention
Terima kasih sudah membaca, Share jika bermanfaat, silahkan koment atau hubungi saya lewat kontak di blog ini jika ada yang saya bisa bantu.  Sekian terima kasih. 





Post a Comment for "Tips dan Trik juara LKTI Nasional untuk SMK"

Berlangganan via Email