5 Tahapan Belajar Arduino yang Efektif untuk Pemula Bonus Referensi Belajar!


Di era Industri 4.0 saat ini, Peran mikrokontroller menjadi sangat krusial karena dia yang memegang kendali berbagai peralatan berbasis Internet of Things. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang mikrokontroller serta mau belajar terus menerus. Namun dalam proses belajar mikrokontroler dalam hal ini system minimum mikrokontroler yang dinamakan Arduino, muncul berbagai masalah, kendala dan error yang membuat kita keluar, menyerah, dan menganggap bahwa Arduino bukan bakat saya. 
Bakat itu cuma omong kosong bro, Ngga ada balita yang tiba-tiba bisa bersepeda. Begitu juga para Ahli yang pasti juga mengalami kesulitan dan perjuangan untuk BISA!
Untuk itu disini saya akan berbagi tahapan yang memang harus dilalui untuk bisa Arduino, dan semua tahapan ini saya tulis dari pengalaman pribadi selama 3 Tahun lebih membuat berbagai projek berbasis Arduino dan sejenisnya. Saya berharap setelah mengikuti setiap tahap ini, dalam prosesnya segala poin di setiap tahap bisa berjalan beriringan hingga mencapai kebermanfaatan untuk kalian sendiri maupun lingkungan dan orang sekitar.

5 Tahapan Belajar Arduino yang Efektif

1. Membangaun INGIN, NIAT dan TEKAD dengan mengetahui Fungsi dan Kegunaan Arduino.
Seperti cerita balita yang saya singgung diatas. Kebanyakan anak kecil ingin bisa bersepeda bukan karena paksaan dari eksternal, namun itu pyurr karena keinginan dari diri sendiri atau internal karena melihat teman temannya atau karena hal lain. Naah hal ini yang sangat  mempengaruhi kebanyakan anak kecil cepat belajar dan bisa bersepeda walau sudah jatuh berkali-kali.

Kita bisa mengambil pelajaran dari cerita balita diatas, bahwa 1 kekuatan dari internal sangat berpengaruh dari pada puluhan kekuatan dari eksternal yang belum tentu berkelanjutan. Ketika rasa INGIN sudah terbentuk tadi. Kita juga perlu meluruskan NIAT agar nantinya ketika sudah bisa arduino bisa dimanfaatkan dengan baik. Namun walaupun INGIN dan NIAT sudah terbentuk dengan baik, tanpa kekuatan TEKAD itu semua akan hanya menjadi rencana yang tidak akan dieksekusi.

Untuk membangun INGIN, NIAT dan TEKAD, kita juga perlu tau Fungsi dan Kegunaan Arduino itu sendiri secara umum. Kalian bisa liat projek-projek keren berbasis Arduino di bawah ini.




2. Menjawab pertanyaan, "Untuk apa belajar Arduino?"
Untuk lebih menguatkan pondasi dasar untuk berjuang di per-arduino-an, Kalian harus menentukan TUJUAN spesifik kenapa belajar arduino, dan tujuan ini harus kalian miliki untuk menjadi pegangan dalam belajar maupun dalam proses membuat projek yang tentunya akan jatuh bangun dan mengalami berbagai kendala.
agar apa? agar kalian bisa bertahan dalam prosesnya
Contoh tujuan yang saya rekomendasikan seperti berikut.
1. Membuat inovasi berbasis arduino untuk mengatasi masalah di sekitar
2. Bisa bekerja di bidang Industri 4.0 khususnya bidang Mikrokontroller
3.  Membuat robot yang keren

Contoh tujuan lain yang tidak saya rekomendasikan namun masih relevan adalaha untuk memenuhi tuntutan pekerjaan, sekolah atau ekstrakurikuler.

3. Pilih Sesuka Hati Projek Pertama yang akan Diselesaikan
Kita mulai masuk ke teknis, kata kunci untuk belajar arduino untuk pemula adalah project based learning atau pembelajaran berbasis projek. Pada tahap ini sebenernya fokus pembelajaran masih dalam tahap untuk pengenalan fungsi dan kegunaan arduino, dengan harapan setiap pembelajar bisa mengetahui secara umum bagaimana menggunakan arduino, bagaimana menghubungan arduino ke berbagai modul dan sensor, dan bagaimana memprogram arduino secara sederhana.
Pada tahap ini kalian bebas copy paste dan mengikuti tutorial di internet karena memang arduino ini open source sehingga kalian bebas menggunakannya. 
Sumber utama memulai projek pertama langsung dari situs resmi arduino :
Berikut beberapa vidio tutorial yang saya sarankan lihat untuk memulai projek pertama kalian.


Setelah kalian berhasil membuat projek arduino pertama, kalian bisa lanjut tahap selanjutnya.

4. Mempelajari dasar Elektronika dan Hardware Arduino
Elektronika dan Hardware komponen arduino seringkali di abaikan, namun jika kalian tidak mengerti sama sekali akan sangat merugikan karena jika salah dalam rangkaian elektronika maupun dalam menggunakan hardware Arduino, projek kalian akan konslet. Komponen-komponen akan rusak. Kemudian pemahaman mengenai dasar elektronika dan Hardware Arduino juga sangat diperlukan untuk memilih komponen yang efektif dan efisien untuk projek kalian.
Sumber belajar dasar elektronika dan Hardware arduino bisa kalian pelajari melalui media berikut.
Vidio :

5. Mempelajari Pemrograman dan Software Arduino.
Menguasai Pemrograman dan Software Arduino merupakan pintu kalian untuk bisa mengembangkan berbagai projek arduino, terdapat banyak sekali hal yang harus dipelajari, namun saya tidak menyarankan kalian untuk belajar monoton semuanya, tetapi alangkah baiknya belajar pemrograman dan software arduino melalui projek projek yang kalian buat. 
Untuk referensi belajar pemrograman dan software arduino dibawah ini.
Sumber Vidio : Karena dasar pemrograman arduino adalah C++, saya sarankan kalian belajar di youtube kelas terbuka👍😂

Dan untuk tahap selanjutnya,
  Explore YourSelf
Sekian 5 tahapan belajar arduino yang efektif untuk pemula, silahkan share jika bermanfaat dan koment jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih:)


Post a Comment for "5 Tahapan Belajar Arduino yang Efektif untuk Pemula Bonus Referensi Belajar!"

Berlangganan via Email