Pengenalan Arduino untuk Pemula

Hallo space!

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat sumber terbuka, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. - Wikipedia
Pada dasarnya Arduino adalah mikrokontroller atau sebuah otak sederhana yang biasa digunakan untuk otomatisasi dan kontrol kendali cerdas seperti robotika. Website resminya di https://www.arduino.cc/.

Berbicara arduino tentu suatu topik yang sangat luas, namun seringkali untuk memulainya seorang pemula langsung  ditunjukan ke projek projek yang berkaitan dengan arduino, hal ini membuat fondasi pengetahuan kita hanya terbatas oleh projek yang pernah kita kerjakan sehingga sulit untuk berkembang dan mengembangkan projek Arduino.

Untuk itu pada artikel ini saya akan sharing mengenai Pengenalan Arduino untuk Pemula, dimana ini merupakah hal-hal basic yang seringkali diabaikan dan menjadi salah kaprah pada perarduinoan.

1.Arduino adalah mikrokontroller, bukan mikroprocessor 

Hal ini adalah hal yang sangat dasar untuk mengetahui arduino, penting diketahui agar pengguna bisa memanfaatkan arduino ditempatnya, karena mikrokontroller dan mikroprocessor itu sangatlah berbeda.

secara sederhana, mikrokontroller dapat dianalogikan seperti kita mempunya boneka, dinama setiap bagian dari boneka sepeti tangan, kaki dan kepada bisa kita kontrol dengan bebas sesuka kita, itulah arduino, hanya bisa kontrol dengan kemampuan pemrosesan data rendah. Berbeda dengan mikroprocessor seperti Respberry Pi yang mana tidak hanya bisa digunakan untuk mengkontrol, namun juga bisa digunakan untuk proses data, bisa multitasking proses yang mana tidak bisa dilakukan oleh mikrokontroller seperti arduino.

2. Arduino merupakan suatu platform, hardware sekaligus software. 

Dalam ilmu komputer, Platform merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras (Hardware) dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (Software) termasuk kerangka kerja aplikasi. Hal ini sangat erat kaitannya dengan Arduino, karena arduino mempunya hardware dengan berbagai macam jenis dan tipe, dan Arduino juga mempunyai software untuk memprogram perangkat keras arduino yang diberi nama Arduino IDE. 

3. Nama asli Arduino adalah Arduin of Ivrea.

Kemunculan arduino sendiri berawal dari sebuah thesis yang dibuat oleh Hernando Barragan, di Institute IvreaItalia pada tahun 2005, dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles dan diberi nama Arduin of Ivrea. Lalu diganti nama menjadi Arduino yang dalam bahasa Italia berarti teman yang berani.

4. Arduino diciptakan dengan 4 tujuan utama.

Saat ini tim pengembang Arduino adalah Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti. Mereka mengupayakan 4 hal dalam Arduino ini, yaitu:
  1. Harga terjangkau
  2. Dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, Windows, Linux, Mac, dan sebagainya.
  3. Sederhana, dengan bahasa pemograman yang mudah bisa dipelajari orang awam, bukan untuk orang teknik saja.
  4. Open Source, hardware maupun software.
Dengan 4 tujuan yang sangat visioner dan solutif itu, semoga Arduino bisa terus berkembang mengatasi masalah-masalah dunia yang terus bermunculan setiap harinya.

Sekian Pengenalan Arduino untuk Pemula dari saya, koment jika ada masukan, share jika bermanfaat, kurang lebihnya Terima kasih:)


Post a Comment for "Pengenalan Arduino untuk Pemula"

Berlangganan via Email