Pesan Untuk Siswa SMK yang Daftar SNMPTN dan SNMPN



Hallo SMK!

Beberapa adik kelas bertanya terkait hal teknis dan tips untuk lolos SNMPTN atau SNMPN, namun disini saya tidak akan bahas terkait itu, karena saya rasa ada beberapa saran dasar dari saya pribadi yang perlu diketahui terlebih dahulu untuk kalian siswa-siswa SMK yang mau daftar SNMPTN maupun SNMPN.

1. Jangan Jadikan "Lanjut Kuliah" sebagai Tujuan Utama kalian di SMK.

Walaupun saya adalah lulusan SMK yang sedang melanjutkan kuliah, tetapi secara pribadi saya tidak menyarankan siswa SMK untuk mempunyai tujuan kuliah, kenapa?

Karena tujuan didirikan SMK adalah mencetak tenaga kerja atau wirausaha sesuai bidang kalian. Itulah kenapa sampai sekarang peluang SMK untuk lolos SNMPTN/SNMPN relatif kecil ketimbang SMA/MA. Jadi jangan terpaku dan terlalu berharap tinggi untuk bisa lolos SNMPTN atau SNMPN, yang terpenting mantapkan prinsip, 

Saya harus siap, baik kerja maupun kuliah

Dengan prinsip itu tentu akan lebih rilex apapun yang nanti terjadi. Jadi kalau dulu saya memang mengutamakan prepare skill, ikut sertifikasi seperti Cisco, Mikrotik, Programming, dll ikut kompetisi sana sini memang tujuannya untuk mempersiapkan kerja, untuk "pantas" kerja sesuai skill yang memang secara SKKNI menjadi standar untuk lulusan SMK. Jika kita benar-benar memiliki tujuan dan prinsip ini, saya percaya bahwa hasil lulusan SMK akan jauh lebih baik dari pada sekarang. Tetapi ketika kalian menentapkan tujuan hanya untuk lanjut kuliah saat masuk SMK, bisa dibilang kalian tersesat, karena dari sini seharusnya kalian masuk SMA/MA bukan SMK.

2. Jadikan Lanjut Kuliah sebagai Bonus Pilihan Hidup Kalian

Saya pribadi melihat peluang kuliah itu hanya sebagai bonus pilihan hidup kita, terlebih untuk kalian yang berada di SMK Negeri. Kalian diuntungkan karena disiapkan untuk bisa bekerja ataupun berwirausaha namun juga tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan kuliah. pertanyaannya,  Lebih baik pilih mana? yang mengetahui ini adalah dirimu sendiri, kalau kalian sekarang berada di kelas 12, silahkan luangkan waktu tenang atau ibadah dan berdoa untuk bisa memilih yang terbaik untuk kalian sendiri kedepannya. Cukup untuk orang lain memberi masukan sebanyak-banyaknya sebagai pertimbangan tetapi keputusan harus dari diri kita sendiri. Karena yang akan melewati itu semua adalah diri kita sendiri, bukan orang lain.

3. Niatkan kuliah untuk meningkatkan skill kalian bukan pelampiasan atas ketidaksiapan terjuan ke dunia kerja

Ini yang saya niatkan ketika diterima di perguruan tinggi atau kuliah,  dan ini juga hal yang menyebabkan kenapa sangat disarankan siswa SMK jika ingin mencoba SNMPTN atau SNMPN memilih prodi atau jurusan kuliah yang sejalur dengan jurusannya waktu di SMK, dan ketika sejalur ini tentu bisa menjadi poin plus kalian untuk bisa diterima atau lolos seleksi, namun untuk lebih lanjut terkait poin-poin atau tips untuk bisa lolos SNMPTN dan SNMPN mungkin akan saya share di artikel yang berbeda.

Sekian yang bisa saya sampaikan, share jika perlu, semoga bermanfaat:)






Post a Comment for "Pesan Untuk Siswa SMK yang Daftar SNMPTN dan SNMPN"

Berlangganan via Email