Tips Lolos SNMPTN dan SNMPN Sekaligus untuk Siswa SMK Terbaru

Hallo SMK!

Denger denger hari ini pendaftaran SNMPTN tahun ini sudah dibuka yaa?

Waah tentu ini yang ditunggu tunggu buat kalian yang lolos pemeringkatan internal, emm selamat ya kalian punya kesempatan, yang belum jangan patah semangat dulu karena masih banyak jalur lainnya seperti SBMPTN, SBMPN, Jalur Prestasi, Jalur Rapot, Jalur Mandiri dll, tergantung kampus yang kalian tuju.

Jadi disini saya akan sharing tips beserta saran untuk bisa lolos SNMPTN atau SNMPN untuk kalian siswa SMK (yang bukan SMK juga masih masuk ), tips beserta saran ini didasari oleh pengalaman saya sendiri ketika tahun lalu Alhamdulillah bisa lolos di kedua jalur seleksi nasional itu yaitu SNMPTN sekaligus SNMPN.

Dan sekarang ini saya sedang kuliah di salah satu kampus diatas. 

Berikut ini Tips beserta saran dari saya pribadi agar kalian bisa lolos SNMPTN dan SNMPN.

1. Pemilihan Prodi / Jurusan dan Kampus lebih Penting dari pada Nilai dan Prestasi.

Beberapa adik kelas yang bertanya kepada saya banyak yang terlalu minder dengan nilainya, dan banyak juga yang terlalu percaya diri. Saya tidak menyalahkan kondisi seperti ini karena memang tidak mudah untuk bisa menimbang peluang di Prodi dan Kampus tertentu. 

Tetapi menurut saya: 

Lebih baik merasa minder dahulu sembari mencari informasi peluang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya, ketimbang merasa percaya diri, langsung memilih dan berhenti mencari tau peluang dari prodi dan kampus yang dituju.

Bahkan dulu ketika saya sudah memutuskan untuk memilih suatu prodi di kampus tertentu saya masih mencari tahu peluangnya, biar apa? biar nanti bisa menerima hasilnya dengan santuy. Dan enaknya kalo SMK yang saya rasakan dulu itu.

Kalo tidak diterima, yaa tidak apa kan bisa langsung kerja๐Ÿ˜‚

Jadi bersyukurlah jika kalian SMK yaa. 

2.  Pilih Prodi yang Sejalur dengan Jurusan Kalian di SMK

Mungkin untuk jalur lain saya tidak akan memberi tips ini, tetapi khusus untuk SNMPTN dan SNMPN siswa SMK, saya sangat-sangat tidak menyarankan untuk kalian lintas jurusan. Apalagi lintas bidang misal dari Soshum ke Saintek atau sebaliknya. Sangat tidak disarankan, kenapa?

Karena kalian itu SMK, yang dari awal sudah fokus ke bidang jurusan tertentu, ilmu dasar kalian berbeda dengan SMA yang memang diberi dasar yang luas untuk bisa ke berbagai bidang. Beberapa PTN bahkan sudah memberi aturan bahwa hanya SMK dengan jurusan sejalur yang bisa mendaftar, namun memang ada beberapa PTN yang belum menetapkan aturan ini, dan ini bukan menguntungkan tetapi menurut saya ini malah seperti jebakan, karena memang kesempatan lolos lintas jurusan siswa SMK memang sangat kecil, walaupun ada yang bisa lolos dari lintas jurusan tetapi ini adalah hal yang tidak bisa diperkirakan oleh pihak luar kampus seperti kita 

Ketika kalian memilih untuk tidak lintas jurusan juga sebenernya justru memberi poin plus untuk kalian, bahkan menurut saya kampus di Indonesia lebih menyukai siswa SMK yang mendaftar sejalur dengan jurusannya dulu karena dari segi skill di bidang keahlian tentu anak SMK mempunyai beberapa langkah lebih dahulu ketimbang siswa SMA di jurusan tersebut yang ibaratnya baru melangkah.

Dan itulah yang saya lakukan, dulu saya di SMK jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), ketika lolos pun masih di jurusan yang sejalur yaitu Teknik Komputer.

3. Cari informasi peluang dari sumber berikut ini.

a.  Website https://web.snmptn.ac.id/ptn 

Didalam website tersebut terdapat data kampus beserta track record siswa yang diterima di prodi dan kampus tertentu, contoh gambarannya seperti berikut ini.

Naah dari data jumlah pendaftar / diterima, asal daerah siswa dan asal jurusan siswa diterima bisa menjadi acuan bagaimana peluang kalian di prodi dan kampus tersebut. Jika saya melihat kampus klaster 1 biasanya mereka lebih mengutamakan jurusan asal dan prestasi siswa, namun untuk klaster 2 dan seterusnya seringkali banyak diterima dari provinsi yang sama dengan kampus tersebut.

Terkait website diatas untuk tahun ini saya cek belum dibuka datanya, mungkin karena ini baru hari pertama, namun saya pastikan seharusnya nanti dibuka, jadi kalian bisa bersabar sambil mencari informasi melalui sumber lainnya dibawah ini.

b. Data Siswa Lolos SNMPTN dan SNMPN di Sekolah kalian.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran alumni dari sekolah kalian yang berada di kampus tujuan menjadi faktor yang cukup berpengaruh untuk kalian bisa masuk di kampus tersebut atau tidak, hal ini juga saya rasakan karena pada saat saya SNMPN tahun sebelumnya kaka kelas saya sudah ada yang berada di kampus tersebut dan cukup berprestasi sehingga mungkin ini yang menjadi pertimbangan juga ketika saya diterima di SNMPN. Namun ketidakadanya alumni dari sekolah kalian di kampus tujuan bukan berarti kalian tidak mempunyai peluang, karena pada SNMPTN, alumni dari SMK saya sama sekali belum pernah ada di kampus tujuan, tetapi saya bisa lolos. Dan ini balik lagi bahwa pemilihan jurusan, prestasi, nilai dan daerah menjadi faktor terurut yang bisa menentukan lolos tidaknya kalian di SNMPTN maupun SNMPN. 

Untuk data ini biasanya bisa kalian dapat dari guru BK sekolah kalian, dan biasanya BK juga memberikan informasi kampus yang membacklist sekolah kalian karena hal tertentu, dan ini perlu serta sangat penting diketahui kalian agar kalian secara tidak sadar dan tidak tahu "masuk ke blackhole".

c. Sumber informasi yang terakhir dan yang paling akurat adalah Orang terdekat kalian yang sekaligus mengetahui lingkungan kampus tujuan kalian.

Jika kalian menerima saran dari orang yang mengetahui lingkungan kampus tetapi tidak mengetahui atau tidak dekat dengan pribadi kalian, itu bisa saja hanya sebatas promosi:v

Jika kalian menerima saran dari orang yang mengetahui / dekat dengan pribadi kalian tetapi tidak mengetahui lingkungan kampus tujuan, itu bisa saja adalah sebatas tebakan.

Tetapi jika kalian menerima saran dari orang yang mengetahui lingkungan kampus dan sekaligus mengetahui atau dekat dengan pribadi kalian, itu adalah saran yang sangat berharga dan berbobot.

Dan memang sulit untuk mendapatkan saran dari orang seperti itu, tetapi bukan berarti tidak ada. Dan jika memang tidak ada orang terdekat yang mengetahui lingkungan kampus yang dituju, carilah terlebih dahulu orang yang mengetahui lingkungan kampusnya, kemudian kalian bisa ngobrol santai dan terbuka terkait diri kalian khususnya terkait pribadi kalian selama kalian di sekolah. Dengan orang tersebut mengetahui pribadi kalian maka disitu juga saran dari mereka bisa lebih berbobot dan relevan untuk kalian bisa lolos di SNMPTN atau SNMPN.

Itu yang dulu saya lakukan, karena memang kebetulan saya mempunyai kenalan alumni yang sangat kenal dengan lingkungan kampus, dan juga mengetahui potensi saya selama di sekolah dan ketika saya menerima saran dari mereka saya bisa lolos SNMPTN sekaligus SNMPN..

4. Ini tips terakhir (Bercanda tapi Paling Penting)

Kalo mau lolos SNMPTN dan SNMPN sekaligus,, ya daftar keduanya yang bener laah, 

kalo kalian daftar cuma salah satu atau ngga keduanya ya kalian ga bakal lolos SNMPTN dan SNMPN sekaligus✌๐Ÿ˜‚

 

Oke sekian yaa Tips Lolos SNMPTN dan SNMPN Sekaligus untuk Siswa SMK, Jika ada yang mau ditanyakan kita bisa diskusi di kolom komentar di bawah ini, share jika perlu dan semoga bermanfaat:) 

 

2 comments for "Tips Lolos SNMPTN dan SNMPN Sekaligus untuk Siswa SMK Terbaru"

aww said…
jika udh lolos keduanya,apakah wajib mengambil yg SNMPTN?ato bisa milih SNMPN?
Yang saya jelaskan diatas itu terkait seleksi untuk SNMPTN dan SNMPN, jika sudah lolos ya silahkan pilih salah satu dari 2 jalur tersebut:)